Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

205 Calon Paskibraka Halbar Jalani Seleksi

Tuesday 5 March 2024 | 10:47 WIB Last Updated 2024-03-05T02:04:27Z

Pembukaan Seleksi Paskibraka.

Sinarmalut.com,
Jailolo - Sebanyak 205 siswa/siswi SMA/SMK yang tersebar di Kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara, telah mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk 17 Agustus 2024.


Para peserta tersebut telah dinyatakan lulus pada seleksi berkas dan tinggi badan. Mereka selanjutnya mengikuti seleksi tahap ketiga yang dilaksanakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bidang Paskibraka.


Seleksi Paskibraka tahap ketiga dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Halmahera Barat Djufri Muhamad, di aula Bidadari Kantor Bupati Halbar, dengan agenda tes wawasan kebangsaan dengan menggunakan sistem Aplikasi Perisai. 


Kepada para peserta seleksi, Wabup Djufri berpesan agar  para peserta seleksi dapat menyiapkan mental, fisik dan kesehatan selama seleksi berlangsung.


"Saya berharap siapa pun yang terpilih, terus menjaga kedisiplinan, memiliki rasa nasionalisme tinggi, wawasan, keterampilan dan terus bekerja keras. Tim seleksi juga harus menilai obyektif,”ucap Djufri, Senin (04/03/2024).


Sementara Kepala Kesbangpol Halbar Asnath Sowo, menambahkan, seleksi Paskibraka tahun 2024 berdasarkan Surat Edaran Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten/Kota dan Pronvisi tanggal 16 januari 2024. Dengan demikian, pada tahun 2024 Badan Kesbang dan Politik melaksanakan Rekrutmen Seleksi Calon paskibraka tahun 2024.


“Pertama yang kita lakukan adalah mensosialisasikan ke SMA/SMK dan Sederajat se-Halmahera Barat tentang Rekrutmen Calon Paskibraka dengan metode pendaftaran online pada aplikasi (PASKIBRKA) tahun 2024, kemudian Persyaratan tinggi badan secara nasional putra 170 cm dan putri 165 cm, Rekrutmen paskibraka 2024 adalah Kelas X (kelas 1) dan usia minimal 16 -18 tahun dengan nilai akademik baik,” jelasnya.


Asnath mengungkapkan, dengan mempertimbangkan persyaratan secara nasional tersebut, selaku kepala Badan Kesbangpol yang juga selaku Koordinator Rekrutmen Calon Paskibraka mengirim surat ke BPIP perihal Diskresi permohonan penurunan tingga badan putra menjadi 165 cm dan putri 160 cm, serta penurunan usia 16 tahun ke 15 tahun dan surat permohonan tersebut disetujui oleh Deputi Bidang Pendidikan dan pelatihan BPIP Nomor : 335/DL/02.04/02/2024/D4.04 tentang Persetujuan Persyaratan Calon Paskibraka Halmahera Barat tanggal 13 Februari 2024.


“Jadi untuk rekrutmen Seleksi calon paskibraka pendaftaran online (melalui aplikasi paskibraka), seleksi calon paskibraka dibuka secara resmi pada tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 28 Februari, dan yang telah mendaftar dan lulus administrasi sebanyak 205 orang putra dan putri SMA/SMK dan Sederajat di Kabupaten Halmahera Barat,” terang Ona, sapaan akrabnya.


“Harapan kami, semoga adik-adik yang terpilih nanti dapat melaksanakan tugas sebagai paskibraka Halbar dengan sebaik mungkin," pungkas mantan Kadis DP-MPD Halbar itu. *

  • 205 Calon Paskibraka Halbar Jalani Seleksi
  • 0

Terkini