Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Dinas PUPR Morotai Siapkan Rp 2 Miliar Bangun Jalan Tani

Thursday 28 March 2024 | 13:12 WIB Last Updated 2024-03-28T04:12:23Z

Kadis PUPR Morotai Hairil H. Hukum

Sinarmalut.com,
Morotai - Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai melalui Dinas PUPR menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar tahun ini untuk membangu jalan tani di sejumlah titik.


Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pulau Morotai, Hairil H. Hukum kepada media ini, Rabu (27/03/2024). 


"Pembangun jalan tani di Pulau Morotai mengunakan anggaran operasional sebesar Rp 2 miliar yang bersumber dari DAK, di fokuskan untuk pembangunan jalan tani sesuai dengan kebutuhan di desa," terang Hairil.


Menurut Hairil, saat ini jalan tani yang sudah dibangun berada di tiga desa dengan panjang tiga kilometer.


"Untuk desa yang sementara sudah dibangun dan dalam tahapan proses pembangun adalah Desa Korago, Dehegila dan Falila. dengan mengunakan angaran per km sebesar Rp 120 juta," jelasnya.


Sambung Hairil, untuk pembangunan jalan tani dengan anggaran Rp 120 juta ini hanya di peruntukan untuk pembayaran gaji operator dan BBM. Khusus material, lahan, dan tanaman yang digusur itu menjadi swadaya dari pemerintah desa dan masyarakat.


"Jadi sebelum kita turun dan melakukan pembangunan sudah harus ada surat permintaan dari desa dulu, menyangkut kesiapan lahan dan material yang nanti di pakai, kalu desa sudah siap dengan surat tersebut maka desa sudah memenuhi persyaratan pembangunan jalan tani," jelasnya.


Hairil mengakui, terkadang proses pembangunan hasilnya tidak sesuai dengan kouta jarak awal yang diminta. 


"Karena dalam proses pembangunan berjalan digunakan untuk melakukan penggalian dan penggusuran gunung. Sehinga anggaran terpakai untuk belanja BBM tambahan," pungkasnya. *

  • Dinas PUPR Morotai Siapkan Rp 2 Miliar Bangun Jalan Tani
  • 0

Terkini