Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Musim Panen Cengkeh Tiba, Ini Harapan Warga Waringin di Morotai

Wednesday 27 March 2024 | 02:17 WIB Last Updated 2024-03-26T17:17:51Z

Warga desa Waringin Morotai Selatan Barat Panen Cengkeh

Sinarmalut.com,
Morotai - Desa Waringin adalah desa yang berada di Kecamatan Morotai Selatan Barat, Kabupaten Pulau Morotai, yang sebagian besar masyarakatnya beraktivitas sebagai petani.


Bahkan pendapatan mereka bergantung sektor pertanian salah satunya adalah tanaman cengkeh. 


Tahun ini warga di desa tersebut patut bersyukur karena musim panen cengkeh telah tiba. 


Bakri Baba, salah satu warga Desa Waringin kepada sinarmalut.com mengungkapkan, untuk saat ini harga cengkeh yang di pasaran mencapai Rp 120 per kg, sedangkan untuk cengkeh manta Rp 7 ribu per cupa (ukuran kaleng susu cap nona red).


"Dari hasil panen cengkeh dan bertepatan di bulan puasa sekaligus menjemput lebaran Idul Fitri, sangat membantu masyarakat desa Waringin dalam memenuhi kebutuhan sehari hari kita," ucapnya, Selasa (26/03).


Bakri kepada wartawan menuturkan, musim panen tahun ini sangat berdamapak pada perekonomian warga, dimana dengan minimnya lapangan pekerjaan di Morotai satu-satunya yang bisa menghidupi warga terutama di bulan puasa adalah hasil tanaman tahunan ini.


"Tetapi di musim panen cengkeh ini kami masyarakat Desa Waringin sangat cemas jikalau musim hujan. Karena jalan tani yang di bangun pemerintah di tahun 2022 belum sesuai dengan apa yang kami harapkan," keluhanya.


"Padahal kami sudah menghibakan lahan dan tanaman kami berupa cengkeh, pala, dan kelapa untuk digusur buat pembangunan jalan tani. Tetapi jalan tani tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan kami, bahkan jalan tersebut sangat membut kami kesulitan dan menghambat proses panen," sambungnya.


Baik Bakri maupun warga desa lainnya berharap jalan tani yang tak terpisahkan dari kebutuhan utama ini lebih intens diperhatikan pemda setempa guna melancarkan aktivitas warga saat memanen cengkeh termasuk penanaman baru.


"Sehinga bisa mendorong pendapatan ekonomi dan bisa memenuhi kebutuhan kami sehari-hari termasuk menyekolahkan anak-anak kami hinga ke pendidikan yang lebih tingi," harapnya. *

  • Musim Panen Cengkeh Tiba, Ini Harapan Warga Waringin di Morotai
  • 0

Terkini