Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Warga Tikep Tumpah Ruah di Jalan Sambut Piala Adipura

Friday 8 March 2024 | 14:15 WIB Last Updated 2024-03-08T05:15:27Z

Tampak arak-arakan kendaraan yang membawa piala adipura

Sinarmalut.com,
Tidore - Suasana komplek pelabuhan dan terminal Rum Balibunga tak seperti biasanya pada Jumat (08/03/2024).


Terlihat kerumunan warga hingga ASN memadati taman Balibunga dekat pintu masuk terminal dan pelabuhan di komplek tersebut.


Sesekali rasa penasaran mereka tertuju ke area pelabuhan. Sementara para ASN terlihat sudah berdiri rapi di taman tersebut yang di dalam barisan tersebut turut serta Sekda Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo.


Sekitar pukul 08.00 Wit, suasana di sekitar terminal dan pelabuhan Rum Balibunga menjadi riuh seketika saat sebuah piala penghargaan baru saja tiba dari Jakarta di pelabuhan setempat. Pila tersebut di arak dan menuju taman Balibunga dan disambut Sekda Ismail Dukomalamo, warga hingga para ASN yang sedari tadi menunggu dengan rasa penasaran.


Piala yang dimaksud tak lain adalah Piala Adipura, penghargaan dari pemerintah pusat untuk kategori kota kecil terbersih tahun 2023. Penghargaan itu tak lain diberikan kepada Kota Tidore Kepulauan, kota kecil di Provinsi Maluku Utara yang indah nan asri.


Penghargaan Adipura ini merupakan kesepuluh kalinya diraih oleh Kota Tidore Kepulauan. Sejak kepemimpinan walikota dan wakil walikota Ali Ibrahim-Muhammad Sinen, pemerintahan ini sudah menorehkan penghargaan ini tiga kali berturut-turut.


Sementara itu, setiba di pelabuhan Rum Balibunga dan diarak ke taman Balibunga, Piala Adipura ini langsung diserahkan oleh dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tikep, Muhammad Syarif kepada Sekda Ismail Dukomalamo di apel pagi gabungan di Taman Rum Balibunga.


Piala itu selanjutnya di arak menuju Kantor Walikota dan diserahkan langsung kepada Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen.


Tampak arak-arakan kendaraan yang membawa piala ini disambut dengan suka cita oleh warga termasuk siswa SD hingga SMA 

yang memadati setiap jalan yang dilalui oleh rombongan pembawa Adipura.


Tiba di Kantor Wali Kota, sekitar pukul 09.00 WIT disambut Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Asisten Sekda, Staf Ahli Walikota, Pimpinan OPD, serta ASN di lingkup kantor Walikota Tidore Kepulauan.


Pada kesempatan tersebut, Wakil Walikota Muhammad Sinen menyampaikan terima kasih serta rasa bangga  kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan yang telah turut berpartisipasi membantu membersihkan serta menjaga Kota ini tetap bersih aman dan nyaman, sehingga dapat kembali meraih Piala Adipura kesepuluh dan ketiga kalinya dimasa kepemimpinan Walikota Ali Ibrahim dan Wakil Walikota Muhammad Sinen.


Muhammad Sinen juga menyampaikan rasa bangga serta penghargaan tinggi kepada petugas kebersihan atau yang lebih dikenal dengan Laskar Sagoroho Gam. Sebab disaat sebagian warga  Kota masih terlelap tidur, mereka telah bengun di pagi buta, menyusuri jalan untuk membersihkan dan membuat kota menjadi asri.


Wakil Walikota dua periode tersebut juga menambahkan bahwa prestasi Nasional yang dicapai semoga dapat lebih memotivasi jajaran pemerintah kota dan seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan untuk terus bekerja keras dan saling bekerjasama guna meningkatkan kualitas pelayanan dan kesejahteraan masyarakat kedepan.


"Semoga kekompakan dan kerja sama ini kita jaga dengan baik sehingga kedepan Kota Tidore Kepulauan akan lebih maju dan sejahtera," tutur Muhammad Sinen.


Diketahui, Piala Adipura merupakan penghargaan tertinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI untuk kategori Kota Kecil terbersih se-Indonesia Tahun 2023 yang diserahkan di Tahun 2024 , Wali Kota Tidore Kepulauan Capt Ali Ibrahim, MH, menerima secara langsung Piala Adipura tersebut di Kantor Kementerian LHK dalam rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024.


Kota Tidore Kepulauan merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi Maluku Utara yang berhasil meraih penghargaan Piala Adipura Buana. *

  • Warga Tikep Tumpah Ruah di Jalan Sambut Piala Adipura
  • 0

Terkini