Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Betapa Khidmatnya Suasana Upacara Puncak Hari Jadi Tidore ke 916 Tahun

Saturday 13 April 2024 | 17:04 WIB Last Updated 2024-04-13T08:11:48Z

Siloloa Sultan Tidore 

Sinarmalut.com,
Tidore - Upacara Puncak Hari Jadi Tidore (HJT) ke 916 Tahun 2024 berlangsung lancar dan khidmat.


Upacara tersebut dipimpin Sultan Tidore Husain Syah yang di pusatkan di Depan Kedaton Kesultanan Tidore, Sabtu (13/4/2024).


Prosesi upacara di awali dengan pembacaan Borero Gosimo (pesan leluhur) oleh Sultan Tidore. Borero Gosimo merupakan inti dari Peringatan HJT 916. Borero Gosimo berisikan pesan-pesan sacral kepada anak cucu Tidore agar selalu taat kepada Allah SWT sebagai pegangan yang sangat penting.


Dalam sambutannya Husain Syah mengatakan bahwa peringatan hari jadi Tidore di tiga tahun belakangan ini tidak sempat dilaksanakan secara meriah karena Covid-19 yang melanda Indonesia termasuk Tidore, Maluku Utara.


“Alhamdulillah tiga tahun berlalu Allah SWT mengangkat itu semua dan menggantikan dengan kebaikan oleh karena itu musibah ini mudah-mudahan menjadi iktidar jadi pelajaran kepada kita semua, mari kita bersama-sama jaga alam ini sehingga alam ini juga memberikan yang terbaik kepada kita karena alam mahluk Allah terbit dan tunduk patut kepada Allah,” ucap Husain.


Husain Syah juga menambahkan, memperingati Hari Jadi Tidore merupakan cara merawat kebesaran nama Tidore yang telah dituangkan oleh para leluhur yang telah berjuang menjaga kebesaran Tidore hingga saat ini dapat dinikmati generasi sekarang ini.


Usai mengikuti upacara Sultan Tidore bersama Permaisuri, Walikota dan Wakil Walikota Tidore bersama Ibu serta Tamu Kehormatan menerima jamuan Makan Saro.


Pada HJT 916 ini hanya dilaksanakan beberapa prosesi saja yakni Rora Ake Dango, Upacara Puncak, dan Ratib. 


Diketahui, kegiatan ini dihadiri Walikota Tidore Kepulauan Capt H Ali Ibrahim, Wakil Walikota Muhammad Sinen, Jou Kolano Jailolo, Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan, Danlanal Kota Ternate, Kapolresta Kota Tidore Kepulauan, mewakili Kajari Tidore, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Dandim Tidore, mewakili Jou Lamo Kesultanan Ternate Jou Kalem, Ketua TP-PKK Kota Tidore, Ketua 1 TP-PKK Kota Tidore, sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan serta Bobato Kesultanan Tidore, Upacara dihadiri juga Ketua DPRD Propinsi Kalimantan Tengah. *

  • Betapa Khidmatnya Suasana Upacara Puncak Hari Jadi Tidore ke 916 Tahun
  • 0

Terkini