Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Ini Jadwal Keberangkatan JCH Morotai ke Arab Saudi

Monday 22 April 2024 | 23:30 WIB Last Updated 2024-04-23T01:36:28Z


Sinarmalut. com,
Morotai - Kantor wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pulau Morotai menggelar Manasik Haji bagi Jamaah Calon Haji (JCH) yang akan diberangkatkan tahun ini.


PHU Kemenag Kabupaten Pulau Morotai, Hj. Faujiah Abdullah, menyampaikan kuota haji untuk Pulau Morotai tahun ini sebanyak 50 orang. Mereka berasal dari tiap-tiap kecamatan minus Kecamatan Morotai Jaya, dan Pulau Rao.


"Untuk jamaah terbanyak itu di Kecamatan Morotai Selatan yaitu 38 orang, Morotai Timur 5 orang, Morotai Utara 5 orang, sedangkan Morotai Selatan Barat 2 orang," kata Faujiah, Senin (22/4/2024).


Ia menjelaskan, JCH Pulau Morotai berdasarkasi klasifikasi umu, ada yang berusia diatas 80 tahun.


"Cuma hitunganya 80 tahun dan ada 2 yang tercover tetapi satu mengundurkan diri dan satunya meninggal dunia. Sehingga jatah lansia kita diambil oleh provinsi dan dibagikan ke kabupaten lain di  Maluku Utara," sebutnya.


Adapun kegiatan Manasik Haji ini akan berlangsung selama 8 hari dari pagi sampai jam 12 siang


"Pembawa materi berasal dari PHU Provinsi Maluku Utara sedangkan pemateri lokal antara lain, saya sendiri sebagai Kepala Seksi PHU dan Hi. Musanif sebagai pembimbing ibadah dan Kepala KUA terkait dengan pembimbingan urusan kecamatan," terang Faujiah.


Adapun materi Manasik Haji ini antara lain, hak dan kewajiban Jamaah Haji, etika dan akhlak Jamaah Haji selama melaksanakan ibadah haji dan Etika berbusana di Arab Saudi, kemudian sosialisasi budaya orang Arab Saudi dan edukasi penyakit menular, serta beberapa materi penting lainnya.


"Harapan kami, terutama jamaah harus memahami bimbingan tentang manasik ini karena terkait dengan bimbingan manasik ini adalah bimbingan ibadah wajib maupun sunnah sehingga jamaah sampai di sana mereka fokus melaksanakan ibadah," harapnya.


Faujiah juga menambahkan, JCH Kabupaten Pulau Morotai, yang tergabung di kloter 13 ini dijadwalkan akan diberangkatkan dari Morotai ke Ternate di pada tanggal 9 Mei.


"Dan tanggal 20 Mei masuk asrama haji, insya Allah di tanggal 21 Mei 2024 sudah tinggalkan Indonesia menuju Jeddah, Arab Saudi," pungkasnya. *

  • Ini Jadwal Keberangkatan JCH Morotai ke Arab Saudi
  • 0

Terkini