Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

194 JCH Asal Halsel Siap Diberangkatkan, Ini Jadwalnya

Tuesday 14 May 2024 | 21:11 WIB Last Updated 2024-05-14T12:11:23Z

Jamaah Calon Haji Kabupaten Halmahera Selatan

Sinarmalut.com,
Labuha - Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) sebanyak 194 orang siap diberangkatkan menuju embarkasi haji di Kota Ternate pada Minggu (19/5/2024) nanti.


Keberangkatan JCH disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Haji Kementerian Agama, Juhari S. Tawari di ruang Aula Kantor Bupati Halmahera Selatan, Selasa (14/5/2024). 


Juhari menyebutkan, jumlah JCH Halsel yang diberangkatkan tahun ini berjumlah 194 orang, didominasi jamaah perempuan sebanyak 103 orang sedangkan laki-laki berjumlah 91 orang laki-laki. Sementara untuk usia tertinggi untuk para jamaah yaitu berumur 81 tahun dan yang termuda 28 tahun.


”Dari 194 JCH ada 4 orang JCH yang menggunakan alat bantu kesehatan seperti kursi roda dan rata-rata usia JCH Halsel di bawa 80 tahun karena usia yang paling tua 84 tahun hanya 1 orang,” sebutnya.

 

Juhari S. Tawari menjelaskan, JCH Halsel masuk kelompok terbang (kloter) 13 dan rencananya diberangkatkan dari Labuha menuju Kota Ternate pada Minggu (19/5) pagi menggunakan kapal yang disewa Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, dan diperkirakan masuk di Asrama Haji Transit Kota Ternate pada sore hari.


”JCH bertolak dari Ternate menuju makassar tanggal 20 Mei, kemudian menginap di Asrama Haji Sudiang Makassar dan selanjutnya pada tanggal 22, dari embarkasi Makassar bertolak menuju Jeddah Arab Saudi,” jelasnya.


Untuk memantapkan keberangkatan jamaah haji, pihaknya akan menggelar Manasik Haji digelar selama dua hari mulai hari ini hingga besok. Kegiatan ini difokuskan pada pembimbingan ibadah haji dan rukun rukun haji.


“Setelah manasik haji, kegiatan selanjutnya dilakukan oleh pemda yakni, Napak Tilas Ibadah Haji pada Kamis lusa,” ujarnya.


Adapun untuk kegiatan Manasik Haji Ini dibuka langsung Bupati Halsel, Hasan Ali Bassam Kasuba. Ia berharap, JCH Halsel bisa menjaga kesehatan jelang keberangkatan, karena sebanyak 194 JCH asal Halsel merupakan tamu Allah SWT yang diundang langsung untuk beribadah di tanah suci.


Hasan Ali Bassam Kasuba juga berpesan kepada tim Medis agar memberikan pelayanan terbaik kepada para JCH, ketika ada keluhan segera dilakukan penanganan sehingga JCH bisa merasa terlayani dengan baik dari sisi kesehatan.


“Saya berharap JCH bisa mendoakan daerah Halsel jauh lebih baik serta doakan kami agar bisa menjalankan tugas dengan baik untuk kemajuan Bumi Saruma yang kita cintai ini,” pungkasnya. *

  • 194 JCH Asal Halsel Siap Diberangkatkan, Ini Jadwalnya
  • 0

Terkini