Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Nomor WhatsApp Rektor IAIN Ternate di Hack, Mahasiswa Nyaris Ditipu

Thursday 2 May 2024 | 15:42 WIB Last Updated 2024-05-02T06:42:41Z


Sinarmalut.com,
Ternate - Penipuan berkedok minta uang yang mencatut nama Rektor IAIN Ternate Prof. Dr. Radjiman Ismail, M. Pd, Maluku Utara, merebah di kalangan kampus.


Aksi penipuan yang mengatasnamakan rektor itu, meminta mahasiswa yang menjadi target agar mengirimkan sejumlah uang yang diminta. Aksi yang dilakukan oknum penipu menggunakan nomor whatsApp Rektor IAIN Ternate.


R. Asyril, salah satu mahasiswa IAIN yang menjadi korban menceritakan, awalnya ia percaya dengan pesan whatsApp yang dikirimkan nomor handphone 0813-4268-5545, yang mengatasnamakan rektor.


Isi chat WhatsApp pada Rabu (01/5/2024) pukul 18.16 WIT, si penipu meminta agar mahasiswa tersebut mentransfer uang senilai Rp 5 juta ke Bank BRI 44160107 5722533 A/N Agung Nugraha. Agar meyakinkan, si penipu beralasan hanya meminjam saldo korban, setelah itu akan dikembalikan kembali.


“Saya langsung minta nomor rekeningnya dan dikirim, saya bilang sejam lagi baru transfer karena ATM-nya jauh dari tempat tinggal, tapi dia ngotot mau secepatnya,” ungkap Asyril, Kamis (02/5/2024).


Lantaran berpikir karena yang di chat ini adalah rektornya, Asyril mengaku buru-buru ke ATM untuk mentransfer uang yang diminta.


"Nomor rekening salah pak, ada bank lain, kemudian dia jawab transfer saja ke rekening tadi. Tetapi saya tidak jadi transfer,” ucap Asyril seraya meniru isi percakapan whatsApp dia dan oknum yang mengatasnamakan Rektor IAIN Ternate itu.


Aksi penipuan berkedok Rektor IAIN Ternate ini juga dibenarkan staf teknis Tim PTID IAIN Ternate.


“Nomor rektor saat ini di hack, jadi beliau hanya menggunakan telepon dan sms, WA nonaktif,” begitu kata staf tersebut tanpa menyebutkan namanya ketika dikonfirmasi wartawan. *

  • Nomor WhatsApp Rektor IAIN Ternate di Hack, Mahasiswa Nyaris Ditipu
  • 0

Terkini