Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Pemekaran Kelurahan Torano Disetujui Camat Ternate Tengah

Tuesday 28 May 2024 | 17:19 WIB Last Updated 2024-05-28T08:19:00Z

Camat Ternate Tengah

Sinarmalut.com,
Ternate - Camat Ternate Tengah, Kota Ternate, Fahmi Basa Amin, menyetujui lingkungan Torano dimekarkan menjadi sebuah kelurahan.


Fahmi mengaku, telah bertemu dengan pihak Kelurahan Marikurubu dan warga setempat untuk membahas usulan pemekaran tersebut. Namun, usulan tersebut masih menunggu tim pemekaran untuk melengkapi data pendukung.


Menurut Fahmi, pihaknya juga telah melakukan musyawarah bersama masyarakat Marikurubu, khususnya mereka yang berada di lingkungan Torano agar mendengarkan aspirasi mereka. 


“Kemudian masyarakat tersebut juga menginginkan Torano untuk dimekarkan menjadi sebuah Kelurahan. Dari sisi wilayah itu kependudukan sudah rentan kendali menyangkut dengan pelayanan publik terhadap masyarakat lama," ujarnya, Selasa (28/5/2024).


Fahmi menyebutkan, berdasarkan regulasi dan jumlah penduduk yang memungkinkan agar Torano bisa dimekarkan, karena jumlah warga di lingkungan Torano telah mencapai 400 KK. Itu artinya, jumlah jiwa sudah hampir mencapai 3.000 lebih.


“Pada data tersebut sudah terpenuhi untuk dimekarkan, karena wilayah Torano itu sangat luas. Kami juga perlu mengadakan sosialisasi kepada masyarakat Marikurubu, khususnya Torano agar memberikan masukan-masukan pada tahapan pembentukan tim pemekaran yang itu akan menjadi alasan. Pihak kecamatan juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota melalui bagian pemerintahan untuk menyampaikan ke Wali Kota Ternate,” jelasnya.


Sementara itu, lanjut Fahmi, Pemerintah Kota bakal melakukan koordinasi dengan DPRD Kota Ternate dalam rangka membahas regulasi yang ada. Mantan Lurah Gamalama itu menambahkan, Torano jika dimekarkan, sudah bisa terbentuk RT 1 sampai RT 6 yang terletak di BTN.


“Jumlah 6 RT itu, maka lingkungan BTN akan menjadi kelurahan baru, karena jumlah penduduk dan rentan kendali juga sama. Itu yang diusulkan ke Pemerintah Kota Ternate supaya berjalan  sesuai dengan mekanisme,” tandasnya. *

  • Pemekaran Kelurahan Torano Disetujui Camat Ternate Tengah
  • 0

Terkini