Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Refleksi May Day, Puluhan Mahasiswa di Ternate Gelar Aksi Unjuk Rasa

Wednesday 1 May 2024 | 21:24 WIB Last Updated 2024-05-01T12:24:26Z


Sinarmalut.com,
Ternate -  Puluhan mahasiswa yang mengatasnamakan Komite May Berlawan (KMB) menggelar aksi unjuk rasa memperingati Hari Buruh Internasional, Rabu (01/5/2024). 


Aksi tersebut berlangsung di sejumlah tempat seperti di depan Pasar Barito Bahari Berkesan Kota Ternate. Mereka itu dijaga ketat personel polisi dari Polres Ternate dan TNI. 


Tampak sebuah spanduk yang dipegang massa aksi tertulis "Perkuat konsolidasi rakyat, jegal kapitalis-neolib dan bangun kekuatan politik alternatif," diwarnai pula umbul-umbul lainnya. 


Koordinator aksi, Isra, mengatakan, aksi ini untuk memperingati Hari Buruh Internasional. Aksi tersebut dilakukan karena melihat Indonesia saat ini sudah mengarah pada sistem ekonomi politik kapitalisme. Akibat dari sistem ini, kaum buruh yang bekerja di perusahaan mendapatkan upah murah dan tidak pasti, yang ujungnya menjadi beban bagi kesejahteraan buruh itu sendiri. 


Menurut dia, sejak diterbitkannya Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003 terdapat pasal yang didalamnya mengatur sistem kerja kontrak dan outsourcing, akan tetapi pasal yang diatur kaum kapitalis ini justru menguntungkan sepihak dan mengorbankan kaum buruh yang tak punya jaminan kerja.


“Selain itu kebijakan Pemutusan Hubungan Kerja tau PHK sepihak terus mengancam pekerja atau buruh yang ingin atau sekedar berserikat atau bergabung dalam organisasi buruh. Padahal kita di Indonesia memiliki undang-undang yang mengatur soal kebebasan berserikat," kata Isra. 


Kata Isra, Hari Buruh yang setiap diperingati pada tanggal 1 Mei karena merefleksikan sejarah penting para buruh di Chicago Amerika Serikat pada 1-4 Mei 1886. Di Indonesia, refleksi hari buruh ini sudah menjadi tradisi setiap tahun di tanggal 1 Mei.


Saat ini di Indonesia mengalami banyak persoalan yang merugikan kaum tani dan nelayan termasuk para buruh. Itu menurut para pengunjuk rasa adalah ulah dari negara, bahkan nyawa pekerja diatur oleh pihak perusahaan dimana tempat buruh bekerja. *



Amatan wartawan, tampak unjuk rasa berjalan aman, tertib dan lancar hingga bubar. *

  • Refleksi May Day, Puluhan Mahasiswa di Ternate Gelar Aksi Unjuk Rasa
  • 0

Terkini