Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Tahun 2025, Kawasan Ini Bakal jadi Pusat Ekonomi Baru di Ternate

Thursday 9 May 2024 | 20:18 WIB Last Updated 2024-05-09T11:18:13Z

Sekretaris Daerah Kota Ternate Rizal Marsaoly

Sinarmalut.com,
Ternate - Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara berencana akan membangun pusat kawasan ekonomi baru Kecamatan Ternate Selatan pada tahun 2025 nanti.


Untuk memuluskan rencana tersebut, Pemkot bakal melakukan reklamasi di dua kawasan yaitu di Kelurahan Fitu dan Jambula.


Sekretaris Daerah Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, untuk pembangunan reklamasi kawasan baru ekonomi di bagian selatan, Pemkot Ternate sudah melakukan penyusunan AMDAL dan perencanaan pengembangan kawasan baru di kelurahan tersebut.


Rizal menjelaskan, reklamasi untuk pembangunan pusat ekonomi ini sebagai pilihan bahwa kedepan perekonomian Kota Ternate harus didorong ke bagian selatan untuk membentuk pusat ekonomi baru. Ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan fungsi ruang kota baik aspek pendidikan, ekonomi serta perdagangan dan jasa. 


“Untuk perencanaan sementara kami lagi menyusun, master plan ada, jadi pusat bisnis baru berada di kawasan tersebut,” kata Sekkot Rizal Marsaoly, Rabu (08/5/2024). 


Rizal menuturkan, untuk Rencana Tata Ruang Wilayah (RT/RW) di kawasan yang akan direklamasi ini sementara dalam proses revisi.


“Jadi dalam batang tubuh RT/RW ini untuk pengembangan kawasan baru di sektor selatan. Sehingga kedepan kita akan kembangkan kawasan itu,” jelasnya.


Dirinya menyebutkan, pengembangan kawasan ekonomi baru di Kecamatan Ternate Selatan tidak menggunakan APBD. Kata dia, Pemkot hanya menyediakan ruang dan fasilitasnya, sementara untuk pembangunannya melalui investasi.


“Jadi nanti dilelang, kita lihat pihak ketiga mana yang berminat, Pemkot Ternate hanya menyusun konsep pembangunan pusat ekonomi baru di selatan itu,” tandas Rizal. *

  • Tahun 2025, Kawasan Ini Bakal jadi Pusat Ekonomi Baru di Ternate
  • 0

Terkini