Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Belajar Penyusunan RPJP, DPRD Kota Padang Berkunjung ke Ternate

Thursday 13 June 2024 | 21:38 WIB Last Updated 2024-06-13T12:38:36Z


Sinarmalut.com,
Ternate - Pemerintah Kota Ternate, menyambut kunjungan kerja dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)  Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat pada Kamis (13/6/2024). 


Sekretaris Daerah Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, Kunjungan kerja dari Badan Anggaran (Banggar) Kota Padang ini, ingin berkonsultasi terkait rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) Pemkot Ternate. 


"Karena DPRD Kota Padang ingin mengetahui penyusunan RPJP Kota Ternate 2025-2045 terkait dengan mewujudkan visi Indonesia emas," jelas Rizal. 


Adapun pertanyaan substansi dari DPRD Kota Padang terhadap Pemkot Ternate mengenai persiapan kebutuhan anggaran selama pembangunan 20 tahun kedepan dan pertumbuhan sektor yang akan memberikan kontribusi produk domestik regional bruto (PDRB).


“Jadi, untuk pengembangan destinasi wisata ada keinginan dari walikota untuk melakukan penataan di dalam kota sehingga hal itu dikerjakan oleh Perangkat Organisasi Daerah (OPD) terkait,” ujarnya.


Menurut Rizal, sebelum pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada November 2024 mendatang, pihaknya sudah harus mengantongi rancangan awal draft RPJP sebagai tahapan 5 tahun pertama. 


"Ternyata Kota Ternate lebih cepat menyusun hal tersebut, sementara di Padang ternyata baru memulai. Selain itu, hal tersebut sekarang lagi masa review di Inspektorat Kota Ternate, dan sementara sedang menunggu Kajian  Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) yang pada saat ini sedang di finalisasi dan untuk naskah akademik telah dilakukan,” jelasnya. 


Lanjut, untuk penyusunan Rancangan Awal Peraturan Daerah (Perda) itu sudah dilakukan. Sekarang ini tengah persiapan untuk menyurat ke DPRD Kota Ternate agar melakukan pembahasan akhir.


“Kunjungan kerja DPRD Kota Padang sudah tiga hari dan kegiatan tersebut berjalan lancar. Karena telah berkunjung ke beberapa OPD di lingkup Kota Ternate dan hal itu banyak pengalaman yang diserap untuk pembangunan kedepannya,” pungkasnya.


Diketahui, kunjungan kerja dari DPRD Kota Padang, didampingi oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  dan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Ternate. *

  • Belajar Penyusunan RPJP, DPRD Kota Padang Berkunjung ke Ternate
  • 0

Terkini