Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Camat Oba Tengah Gagas Inovasi 'Baratib di Desa', Manfatnya Ini

Tuesday 4 June 2024 | 12:20 WIB Last Updated 2024-06-04T03:20:57Z

Camat Oba Tengah Muhammad Abdullah S.SI

Sinarmalut.com,
Tidore - Aksi perubahan 2024 digagas oleh Camat Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan Muhammad Abdullah S.SI. Gagasan ini diberi nama Bersama Aparatur Tertibkan Administrasi Desa (Baratib di Desa). 


Untuk mendukung program reformasi birokrasi dan bertumbuh kembangnya  inovasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi organisasi, Muhammad Abdullah berkomitmen untuk menyukseskan aksi perubahan pada organisasi kerja yang dipimpin. 


Gagasan ini sebagai salah satu syarat untuk lulus dalam diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) tahun 2024, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku Utara. 


Adapun sasaran dari gagasan 'Baratib di Desa' ini diterapkan di Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan. 


Camat Oba Tengah Muhammad Abdullah mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini yakni untuk meningkatkan tertib administrasi pemerintahan desa, mengindentifikasi dan memberikan solusi pemecahan masalah yang timbul dalam proses maupun penyelesaian administrasi desa. 


"Manfatnya antara lain agar kepala desa dan perangkat desa memahami akan pentingnya penguasan administrasi sebagai modal untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, dapat meningkatkan tata kelola pemerintahan desa yang lebih baik, meningkatkan kinerja aparatur pemerintahan desa, kualitas pelaporan dan meningkatkan kedisplinan," jelasnya, Selasa (04/6/2024). 


Menurut Muhammad, output dari gagasan ini antara lain, salah satu tugas dan fungsi Camat sebagai pejabat Administrasi di Kecamatan Oba Tengah maka dapat membina dan mengevaluasi kinerja pemerintah desa melalui kepala desa dan seluruh aparaturnya, terutama dalam hal menata administrasi kantor desa sehingga aparaturnya dapat berjalan sesuai dengan tuntutan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 


"Dengan adanya gagasan atau inovasi proyek perubahan 'Baratib di Desa' ini, peran Camat serta perangkatnya yang berkualifikasi baik dapat meningkatkan pembinaan administrasi secara langsung turun di setiap desa dan kelurahan, bersama-sama melakukan penataan administrasi untuk mewujudkan tata kelola administrasi pemerintahan desa yang lebih efektif," ucapnya. 


Dirinya menambahkan, Baratib di Desa akan memudahkan akses pelayanan data dan informasi yang dibutuhkan baik oleh masyarakat, pihak kecamatan, maaupun pihak lain yang berkepentingan dengan data dan informasi di setiap desa dan kelurahan. *

  • Camat Oba Tengah Gagas Inovasi 'Baratib di Desa', Manfatnya Ini
  • 0

Terkini