Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Hadir di Desa Yayasan, Ini Pesan Pj Bupati Pulau Morotai

Friday 14 June 2024 | 23:20 WIB Last Updated 2024-06-14T14:20:23Z

Sambutan PJ Bupati Pulau Morotai Burnawan

Sinarmalut.com,
Morotai - Pj Bupati Pulau Morotai Burnawan menyambangi Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan yang saat ini mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten Pulau Morotai.


Dalam sambutannya Burnawan menyampaikan bahwa sebagai Pj Bupati Morotai dirinya merasa senang dan bangga dapat bersilaturahmi langsung dengan masyarakat Kecamatan Morotai Selatan khususnya di Desa Yayasan. 


"Saya bangga dengan Desa Yayasan yang mewakili dari 25 desa di Kecamatan Morotai Selatan pada ajang lomba desa tingkat Kabupaten Pulau Morotai tahun 2024, semoga dengan semangat lomba desa ini dapat membangun etos kerja yang baik dalam penyelenggaraan pemerintah desa," ucapnya. Jumat (14/6/2024).


Menurut Bunawan, dengan semangat ini dapat mewujudkan kebersamaan dan gotong-royong bagi masyarakat desa Yayasan. i

Ia berharap Desa Yayasan dapat terpilih dan mewakili Pulau Morotai di lomba desa tingkat Provinsi Maluku Utara.


"Kami berterima kasih kepada desa Yayasan yang baru-baru ini telah memenangkan penghargaan Nasional dalam ajang Paralegal Justice award  2024  yang diberikan langsung oleh Menkumham, tentu ini merupakan prestasi yang patut dipertahankan dan ditingkatkan untuk memberi motivasi dan dorongan bagi desa-desa lain di Kabupaten Pulau Morotai untuk berprestasi di tingkat lokal maupun nasional," ujar Burnawan.


Pj Bupati menuturkan, kegiatan Lomba desa merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dimulai dari tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, dan provinsi sampai di tingkat nasional.


"Hal ini dilakukan untuk mendorong motivasi dan mengukur sampai sejauh mana keberhasilan para kepala desa dalam melaksanakan tugas tugasnya, yaitu menyelenggarakan  pemerintahan desa dan pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat desa," jelasnya.


Lanjutnya, untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut dibutuhkan komitmen yang kuat dan sungguh-sungguh serta inovasi dari para kepala desa dengan melibatkan seluruh stakeholder di desa sebagai sumber potensi desa yang tidak dapat diabaikan dalam proses perencanaan dan pembangunan di desa.


Disamping itu juga melakukan koordinasi, integrasi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah maupun lintas sektor lainya, sehingga output dan impact dari kerja keras rekan-rekan kepala desa berdampak positif pada perubahan ekonomi, sosial, budaya dan ketahanan, ketertiban serta peningkatan pelayanan  publik yang lebih guna terwujudnya desa yang mandiri, maju dan sejahtera.


Burnawan mengatakan dengan kegiatan lomba desa ini kita dapat mengevaluasi dan menilai pemerintah desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.


“Selain juga untuk mengetahui capaian kerja pemerintah desa dalam kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di desa. Sehingga kekurangan dan kendala yang kita dapatkan dalam kegiatan lomba desa dijadikan satu masukan dalam perencanaan pembangunan desa tahunan melalui musdes rencana kerja pemerintah desa RKP/ desa,” ujarnya.


Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai lanjutnya, selalu mensupport dan mendukung upaya yang dilakukan pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Oleh karena itu desa harus bersinergi dengan perencanaan pembangunan Kabupaten Pulau morotai.


"Dalam kesempatan ini, saya mengingatkan kepada para kepala desa se-kabupaten Pulau Morotai agar hati-hati dalam pengelolaan keuangan desa, jangan sampai berurusan dengan masalah hukum, dan khusus kepada warga masyarakat mohon dukungan dan kerjasamanya, berikan saran dan masukan yang membangun untuk pemerintah desa. Karena desa yang maju terletak dari partisipasi yang tinggi dari masyarakat," pungkasnya. *

  • Hadir di Desa Yayasan, Ini Pesan Pj Bupati Pulau Morotai
  • 0

Terkini