Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Longboat yang Hilang Kontak di Perairan Malut Ditemukan Selamat

Wednesday 26 June 2024 | 20:41 WIB Last Updated 2024-06-26T11:41:00Z

Tim gabungan temukan longboat dalam keadaan selamat

Sinarmalut.com,
Ternate - Sebuah Longboat berpenumpang 11 orang yang sempat dilaporkan mengalami Lost contact antara perairan Halmahera Barat dan Pulau Batang Dua, Maluku Utara, akhirnya tiba di Pulau Batang Dua dengan selamat.


Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman menjelaskan, pada Rabu (26/6/2024), pukul 13.30 WIT, Basarnas Ternate menerima informasi dari DanposAL Mayau bahwa Longboat Ebenheizer telah tiba di Pulau Mayau dan seluruh POB dalam keadaan selamat.


Berdasarkan keterangan yang diperoleh bahwa pada malam hari Rabu (25/06), saat sedang dalam perjalanan menuju Pulau Batang dua cuaca ekstrem. Motoris Longboat Ebenheizer memutuskan untuk berlindung dan mengikat tali longboat ke rumpon (rakit) di sekitar Perairan Laut Malut untuk berlindung sembari menunggu cuaca membaik.


Kondisi inilah yang mengakibatkan Longboat Ebenheizer terlambat tiba di Pulau Mayau. Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate kemudian menghubungi KN SAR 237 Pandudewanata terkait update perkembangan.


“Tim Sar Gabungan yang sedang melaksanakan pencarian kemudian bergerak menuju ke Pulau Mayau Batang Dua untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Setelah tiba di pulau Batang Dua dan memastikan bahwa benar Longboat Ebenheizer dengan POB 11 orang dalam kondisi selamat dan aman maka Operasi SAR pun selesai dan ditutup,” jelas Fathur. 


Seperti diketahui sebelumnya, pada tanggal 25 Juni 2024 Sekitar Pkl 09.00 WIT, Rombongan bertolak dari Pelabuhan Tobaol Ibu Halmahera Barat menggunakan long boat dengan tujuan Desa Mayau Pulau Batang Dua dengan estimasi waktu perjalanan 8  jam. Kontak terakhir pada tanggal 25 Juni 2024 pukul 13.00 WIT. Namun hingga sampai saat ini longboat tersebut belum tiba di Pulau Batang Dua. 


“Pihak keluarga telah berusaha menghubungi penumpang yang berada di longboat namun belum ada satupun yg terhubung, selanjutnya keluarga melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas Ternate dan memohon bantuan SAR,” terangnya. 


Unsur Terlibat, Basarnas Ternate, Dit Polair Polda Malut, Korem 152/Babullah Ternate, Lanal Ternate, Masyarakat Batang Dua dan Keluarga Korban.


Adapun identitas 11 orang penumpang longboat yang ditemukan selamat 11 antara lain, Markus Arnyanyi, Robinson Arnyanyi, Delifrain Pugutu, Magelhains Pugutu, Daromes Teo Pugutu, Rivan Pugutu, Elroi Pugutu, Romario Tarussy, Yuldin Arnyanyi, Yanti Pugutu, dan Andre Pugutu. *

  • Longboat yang Hilang Kontak di Perairan Malut Ditemukan Selamat
  • 0

Terkini