Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Bawaslu Morotai Tidak Menemukan Masalah Serius saat Pencoklitan Berlangsung

Wednesday 24 July 2024 | 16:03 WIB Last Updated 2024-07-24T07:03:02Z

Anggota Bawaslu, Mulkan Hi. Sudin

Sinarmalut.com,
Morotai - Bawaslu Kabupaten Pulau Morotai menggelar rapat koordinasi hasil pengawasan pencoklitan untuk enam kecamatan di daerah tersebut, Rabu (24/7/2024).


Anggota Bawaslu, Mulkan Hi. Sudin mengatakan, rakor ini adalah mengkonsolidasikan dan mengevaluasi laporan coklit kemudian pengawasan uji petik.


"Rapat koordinasi ini untuk mengkonsolidasi sejauh mana data pengawasan selama tahapan pencoklitan dan uji petik, kemudian bimbingan teknis terkait persiapan penyusunan daftar pemilih sementara," ucapnya.


Menurut Mulkan, ada beberapa kendala yang ditemukan saat pencoklitan yang dilakukan Pantarlih, seperti ada pemilih yang tidak di coklit secara langsung tetapi rumahnya dilabeli stiker coklit. Begitu juga ada warga yang sudah meninggal tetapi namanya terdaftar saat pencoklitan. Untuk kasus ini semacam ini menurut Mulkan, masih minim dan sudah diselesaikan.


"Ketika di temukan pemilih yang tidak memenuhi syarat dan masih ada di dalam daftar pemilih, itu langsung disampaikan ke KPU ke PPK dan PPS agar dilakukan perbaikan terhadap daftar pemilih yang tidak memenuhi syarat, kemudian jika ada pemilih baru yang namanya belum masuk dalam daftar pemilih itu maka dimasukkan sebagai daftar pemilih," katanya.


Kendati demikian, secara keseluruhan Bawaslu tidak menemukan masalah yang serius saat pengawasan coklit. “Jadi selama tahapan pemutakhiran daftar pemilih untuk pengawasan dari Bawaslu itu tidak terlalu bermasalah,” akuinya. *

  • Bawaslu Morotai Tidak Menemukan Masalah Serius saat Pencoklitan Berlangsung
  • 0

Terkini