Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Lembaga Federal Amerika Serikat Sisir Pulau Morotai Maluku Utara, Cari 7 Tentara yang Gugur Semasa Perang

Wednesday 3 July 2024 | 20:11 WIB Last Updated 2024-07-03T11:16:07Z

Tim Perwakilan Badan Publik Instansi Federal Amerika Serikat  kunjungi Morotai

Sinarmalut.com,
Morotai - Tim Perwakilan Badan Publik Instansi Federal Amerika Serikat mendatangi Kabupaten Pulau Morotai Maluku Utara mencari 7 tentaranya  yang gugur pada perang dunia kedua.


Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tim Perwakilan Badan Publik Instansi Federal Amerika Serikat Patrick Anderson saat diwawancara wartawan, Rabu (3/7/2024).


Patrick mengatakan, fungsi dan misi lembaga ini untuk mencari tahu dan menemukan sekaligus memulangkan personil tentara Amerika Serikat yang telah hilang atau gugur di masa perang.


"Jadi lembaga kami ini adalah lembaga yang memiliki misi global, yang kemudian juga berpasti dengan negara, tetapi lewat kunjungan atau misi pertama di Indonesia, sejak pertama kali kami merintisnya di 2016," ungkap Patrick.


Kata dia, ini kunjungan pertama di Indonesia. Dalam upaya pencarian 7 tentara Amerika Serikat gugur di Pulau Morotai semasa perang dunia kedua, pihaknya menggunakan data dan sumber daya yang ada.


"Jadi untuk saat ini sudah ada beberapa informasi yang telah kami pelajari, kemungkinan tempat tentara Amerika Serikat yang dulunya hilang dan gugur di pertempuran pertempuran yang lalu di Pulau Morotai, beberapa tempat itu salah satunya di Daruba yang diduga dulu makam yang dijadikan tempat pemakaman, dan juga termasuk di desa Pilowo, kemudian juga Wayabula dan Desa Cio yang diduga tempat lokasi jatuhnya pesawat tempur," sebutnya.


Dikatakannya, dari 7 tentara Amerika Serikat yang gugur di medan perang tersebut tak ada satupun dari kalangan perwira berpangkat jenderal, namun prajurit biasa.


"Jadi untuk nama-nama dari 7 tentara Amerika serikat yang diduga hilang atau gugur, kami mohon maaf untuk saat ini kami tidak punya nama-nama kalau dimintakan, tetapi lembaga kami punya informasi 7 orang yang diduga gugur di Morotai dan itu berdasarkan informasi dari lembaga yang kami peroleh dan kami akan melakukan penelitian," ujarnya.


Diketahui, selain sebagai tim pencari 7 tentara Amerika Serikat yang gugur di Morotai, Patrick Anderson juga kesehariannya sebagai seorang tentara berpangkat kapten di angkatan darat Amerika Serikat. *

  • Lembaga Federal Amerika Serikat Sisir Pulau Morotai Maluku Utara, Cari 7 Tentara yang Gugur Semasa Perang
  • 0

Terkini