Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Tujuh Kades Masih Diisi Caretaker, Ini Penjelasan Pemda Morotai

Friday 5 July 2024 | 22:17 WIB Last Updated 2024-07-05T13:17:20Z

Kabag Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai Suleman Basri

Sinarmalut.com,
Morotai - Tujuh (7) jabatan Kepala Desa di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, masih dijabat oleh caretaker.


Kabag Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten Pulau Morotai Suleman Basri mengatakan bahwa 81 kepala desa dan anggota BPD  sudah diperpanjang masa jabatanya di tanggal 28 Juni tahun 2024 lalu, sedangkan 7 desa yang belum diperpanjang jabatannya karena masih dijabat oleh karateker, dan sementara ini dalam proses tindak lanjut putusan PTUN Ambon.


Suleman bilang, sudah ada pengacara dari satu desa yaitu Desa Cio Gerong, yang sudah menyurat ke PTUN meminta kejelasan pihak eksekutif. Kemudian PTUN telah menyurat ke bupati dan bupati telah menyurat kembali ke PTUN bahwa telah melakukan pembatalan SK 7 kepala desa yang telah dilantik awal.


"Kemudian untuk Pemerintah Daerah menindak lanjuti amar putusan dari PTUN terkait dengan pembatalan 7 SK kepala desa yang telah dilantik awal. Sampai sejauh ini masih dalam proses," jelasnya.


Kata Suleman, sejauh ini jika 7 desa tersebut mau melakukan PSU maka bupati siap melaksanakan PSU, karena dari 7 desa tersebut hanya 2 desa yang mau melaksanakan PSU, yaitu Desa Seseli Jaya dan Desa Sabala, sedangkan 5 desa belum ada kepastian.


"Untuk dua desa yang mau melaksanakan PSU, mereka telah datang dan menyampaikan bahwa mereka siap melaksanakan PSU sesuai dengan kebijakan Bupati, sedangkan 5 desa lain belum siap. mereka meminta agar Pemda melakukan pelantikan, tetapi kami tetap melakukan koordinasi, jika 7 desa mau melakukan PSU maka pak bupati dengan tegas bisa melaksanakan, tetapi setelah Pilkada baru dilaksanakan PSU, dan itu bupati siap turun ke lapangan," pungkasnya.


Sebelumnya, 7 desa yang di batalkan SK pelantikan oleh Pemda melalui Amar putusan di PTUN adalah, Desa Cempaka di Kecamatan Morotai Jaya, Loleo di Kecamatan Morotai Utara, Seseli Jaya di Kecamatan Morotai Timur, kemudian Desa Sabala di Morotai Selatan, Desa Cio Gerong di Kecamatan Morotai Selatan Barat, dan desa Ngele-Ngele Kecil di Kecamatan Morotai Selatan Barat. *

  • Tujuh Kades Masih Diisi Caretaker, Ini Penjelasan Pemda Morotai
  • 0

Terkini