Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Desa Yayasan di Morotai Wakili Malut Ikut Lomba Desa Tingkat Nasional

Friday 23 August 2024 | 14:20 WIB Last Updated 2024-08-23T05:20:05Z

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Pulau Morotai Ida Arsyad

Sinarmalut.com,
Morotai - Desa Yayasan, Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai berhasil mewakili Maluku Utara di lomba Desa tingkat Nasional dan bersaing dengan 3 desa perwakilan wilayah Indonesia Timur di tahap terakhir.


Sebelumnya Desa Yayasan Morotai Selatan mendapat juara 1 lomba desa tingkat Provinsi Maluku Utara.


Prestasi ini menjadi bukti nyata atas kerja keras dan inovasi yang telah dilakukan oleh pemerintah desa dan masyarakat.


Dalam ajang bergengsi ini, Desa Yayasan bersaing dengan desa-desa terbaik dari seluruh Indonesia. 


Sebelumnya, seluruh kepala desa berprestasi dari berbagai provinsi diundang ke Jakarta untuk mengikuti rangkaian di DPR RI dan Istana Negara.


"Khusus untuk Desa Yayasan, mereka berkesempatan untuk mengikuti upacara di Kementerian Dalam Negeri," ungkap Ida Arsyad, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Morotai, Kamis (22/8/2024).


Ia menjelaskan bahwa setelah rangkaian upacara, para peserta lomba akan mengikuti tahap seleksi administrasi. Tahap ini sangat krusial karena akan diverifikasi seluruh data dan dokumentasi desa, mulai dari BUMDes, UMKM, hingga kawasan wisata.


"Hasil verifikasi dan presentasi dari masing-masing desa akan dinilai oleh tim penilai yang terdiri dari Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Bina Pemerintahan Desa, dan akademisi," kata Ida.


"Alhamdulillah, Desa Yayasan berhasil lolos seleksi administrasi dan masuk dalam 4 besar Provinsi yang berhak mengikuti tahap selanjutnya," sambungnya.


Menurut Ida, prestasi yang diraih Desa Yayasan ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Maluku Utara. "Hal ini membuktikan bahwa desa-desa di daerah ini memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang dan bersaing di tingkat nasional," pungkasnya. *

  • Desa Yayasan di Morotai Wakili Malut Ikut Lomba Desa Tingkat Nasional
  • 0

Terkini