Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Kota Tidore Kepulauan Kembali Meraih Penghargaan UHC Tahun 2024

Friday 9 August 2024 | 12:14 WIB Last Updated 2024-08-09T03:14:52Z


Sinarmalut.com,
Tidore - Kota Tidore Kepulauan meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) sebagai Pemerintah Daerah Kategori Madya dengan pencapaian UHC sebesar 100 persen. Penghargaan tersebut diterima Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo saat hadir mewakili Wali Kota pada acara penyerahan penghargaan Universal Health Coverage, di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Kamis (8/8/2024).


Kegiatan penyerahan penghargaan UHC yang bertajuk, “Satu Dekade Program JKN-KIS Untuk Negeri,” merupakan bentuk nyata komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kesehatan bagi masyarakat Indonesia. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin.


Dalam sambutannya, Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin mengapresiasi capaian target Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia yang telah melebihi 98% dari total penduduk, dengan lebih dari 275 juta jiwa terdaftar dalam Program JKN-KIS. Saat menghadiri UHC Award 2024.


Wapres juga menekankan pentingnya evaluasi berkelanjutan, terutama terkait masalah tunggakan iuran peserta dari kalangan mampu dan kelancaran pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Ia juga menyerukan agar pemerintah daerah mendorong pendaftaran penduduk dalam program JKN-KIS, dan meminta pendekatan solutif bagi yang belum melunasi kewajiban iuran.


“Selain itu, penting juga untuk melakukan pemantauan kualitas pelayanan Kesehatan, untuk memastikan akses yang adil bagi seluruh masyarakat, terutama di daerah terpencil,” ungkapnya.


Di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dalam sambutannya menyebut, capaian 98 persen UHC sebagai prestasi luar biasa, namun ia juga menekankan pentingnya memastikan seluruh rakyat menerima pelayanan kesehatan yang layak.


"Kita semua bertanggung jawab mewujudkan keadilan sosial, terutama dalam pelayanan kesehatan," Ujarnya.


Sementara, Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ali Ghufron Mukti dalam laporannya menyampaikan, pesertaan JKN telah mencapai lebih dari 98% penduduk Indonesia, dengan 33 Provinsi dan 460 Kabupaten/Kota, berhasil mencapai UHC Per 1 Agustus 2024, tercatat 276,5 juta jiwa terdaftar dalam JKN.


“BPJS Kesehatan terus berinovasi untuk meningkatkan layanan dan kepuasan peserta, termasuk melalui aplikasi Mobile JKN, Pandawa, Care Center 165, dan penggunaan NIK untuk berobat,” Paparnya.


Ghufron menegaskan, komitmen BPJS Kesehatan terus bersinergi dengan pemangku kepentingan, guna memastikan perlindungan kesehatan yang merata bagi seluruh penduduk Indonesia.


Usai menghadiri acara tersebut, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo saat ditemui menyampaikan, capaian UHC ini adalah hasil dari komitmen kuat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepualuan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada Masyarakat.


"Pelayanan kesehatan adalah urusan wajib pemerintah daerah, dan semoga dengan pencapaian UHC ini, masyarakat dapat merasakan manfaat pelayanan kesehatan sebagaimana yang diharapkan,"Tuturnya.


Ismail juga mengucapkan terima kasih kepada DPRD Kota Tidore Kepulauan, para pemangku kepentingan terkait, dan BPJS Kesehatan Kota Tidore Kepulauan yang telah bekerja keras sehingga prestasi ini bisa diraih.


Turut Hadir dalam acara tersebut, Presiden International Social Security Association (ISSA) Mohammed Azman, Para Gubernur Bupati Walikota Seluruh Indonesia. *

 


 

  • Kota Tidore Kepulauan Kembali Meraih Penghargaan UHC Tahun 2024
  • 0

Terkini