Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Objek Wisata di Lifao Morotai Terbengkalai

Tuesday 13 August 2024 | 14:22 WIB Last Updated 2024-08-13T08:27:44Z

Objek Wisata di Lifao Morotai terbengkalai

Sinarmalut.com,
Morotai - Objek Wisata Lifao di Kecamatan Morotai Timur, Kabupaten Pulau Morotai, tampak terbengkalai.


Amatan wartawan, Selasa (13/8/2024), tampak objek wisata yang memiliki fasilitas lengkap dan dibangun tahun 2020 itu kini tak terawat sehingga ditumbuhi rumput rumput liar maupun pepohonan.


Selain itu, banyak fasilitas mulai dari lampu penerangan terlihat tidak berfungsi lagi.


Norlixs Moloku, Kepala Desa Lifao, saat diwawancarai wartawan mengatakan, pada tahun 2020 lalu fasilitas wisata ini masih terawat dengan baik. Sayangnya kini sudah tak lagi terurus.


"Lampu penerangan juga sudah tak lagi menyala. Dari Dinas Pariwisata sudah turun dua kali, kami sebagai pemerintah desa cuma kasih bersih, tapi selanjutnya karena Bumdes yang mau kelola, cuma sampai sekarang tidak ada  orang yang bersedia untuk kelola Bumdes, masalahnya tidak ada SDM. Kami dari tahun ke tahun SDM-nya tidak ada, makanya dana Bumdes tidak pernah terpakai,” ungkapnya.


Ditanya soal sentuhan Dinas Pariwisata, Norlixs bilang, bantuan tersebut dalam bentuk uang pada tahun 2021 namun dirinya tidak mengetahui jumlah dana yang dikucurkan itu.


"Sempat kuliner di tempat wisata ini berjalan pada tahun 2021-2022. Tapi sampai saat itu ada himbauan tiba-tiba ketua Pokdarwis bilang lampunya rusak, dan kami sebagai pemerintah desa tidak bisa ambil alih, kalau untuk koordinasi dengan Pokdarwis, kami koordinasi. Pihak Pokdarwis juga salahkan bahwa Pemdes tidak bertanggung jawab, itu juga salah karena kami selalu merawat tempat ini,” ujarnya.


Lorlixs menambahkan, maunya lokasi wisata tersebut dikelola oleh Bumdes, tetapi untuk mencari pengurus Bumdes pihaknya kesulitan karena tidak ada SDM. *

  • Objek Wisata di Lifao Morotai Terbengkalai
  • 0

Terkini