Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Poltracking Indonesia dan Tangguhnya MASI-AMAN di Pilwako Tikep

Thursday 8 August 2024 | 15:47 WIB Last Updated 2024-08-08T06:47:47Z

Bakal calon walikota Muhammad Sinen dan calon wakil walikota Ahmad Laiman

Sinarmalut.com,
Tidore - Baru-baru ini Poltracking Indonesia telah merilis hasil survei untuk Pilkada serentak 2024 khususnya wilayah Pemilihan Kota Tidore Kepulauan (Pilwako-Tikep).


Sedikitnya ada 17 nama tokoh dan calon kandidat yang disurvei, bahkan Poltraking juga memasukan nama Sultan Tidore dan Beny Laos yang hari ini digadang-gadang sebagai calon kandidat gubenur Maluku Utara.


Dalam survei tersebut, Poltraking mencoba memotret popularitas, akseptabilitas, dan elektabilitas calon walikota dan wakil walikota Kota Tikep. Bagaimana peta sebaran kekuatan tiap calon kandidat, isu-isu aktual apa yang mesti diangkat selama pertarungan Pilwako juga preferensi tiap pemilih hingga media kampanye paling efektif yang harus dipakai tiap kandidat selama pertempuran politik serentak 2024. 


Polltracking juga berusaha mengklasifikasi public figur yang mungkin saja berpengaruh pada langkah-langkah pemenangan tiap Cakada juga melakukan pendalaman pada kekuatan tiap partai politik yang ada di kota Tikep atas pemilihnya dalam hajatan Pilwako kali ini.


Metodologi yang dipakai Poltraking dalam surveinya hampir sama dengan beberapa lembaga survei sebelumnya yang telah lebih dulu merilis hasil survei mereka untuk wilayah Kota Tikep yakni LSI Deni JA dan Indobarometer Muhammad Qodari. Dimana populasi pemilih yang disurvei berusia di atas 17 tahun atau yang telah menikah, menggunakan metode multistage random sampling pada kurang lebih 400 responden dengan margin of error dibawah 4,9 % pada tingkat kepercayaan sekitar 95 %. Adapun penarikan sampel kab/kota distratifikasi pada tingkat kecamatan, kemudian desa/kelurahan yang diacak secara proporsional kemudian terpilih lima RT secara acak juga, sampai menemukan KK yang dipilih secara acak lalu menemukan 1 orang yang mempunyai hak suara, laki-laki mendapat kuesioner ganjil dan perempuan kuesioner genap.


Hasilnya survei Poltracking cukup mencengangkan, mayoritas pemilih sangat mengenal dan teramat menyukai Muhammad Sinen. Seluruh warga di Kota Tidore kepulauan nyaris telah menetapkan hati pada sang petarung dari utara yang terkenal humble dan merakyat ini. 


Pesaing-pesaing politik Ayah Erick sapaannya, untuk mencapai 40 % tingkat keterkenalan dan kesukaan saja tampaknya ngos-ngosan. Ini mengambarkan ke kita  bahwa calon-calon pesaing MS hanya muncul pada moment-moment politik saja, kurang dekat dengan rakyat dan tampaknya pendekatan para calon penantang Ayah Erik terkesan pragmatis dan jika ada maunya saja. 


Survei Poltracking menjelaskan ke publik kalau kekuatan Muhammad Sinen begitu mengakar, terbaca elektabilitas (keterpilihan) top of mindnya Ayah Erick begitu tinggi hampir mendekat 50 %, sedangkan lawan-lawan politiknya untuk mencapai elektabilitas jangankan 9-10 % mencapai elektabilitas 5 % saja terkesan seperti upaya menjaring matahari. Mentok-mentoknya agak miris hanya di angka 2,5 % yang bisa dicapai para pesaing lainnya.





Ketika dilakukan simulasi terbuka elektabiltas Muhammad Sinen naik drastis, baik melibatkan 17 nama-nama pesaing, berkurang 13 nama, lalu 10 nama kemudian mengerucut 7 nama hingga tersisa 5 nama pesaing bahkan hingga simulasi head to head, Ayah Erick tetap saja kokoh di puncak top of mind warga kota Tikep mencapai 66 %-70,1 %. Keterpilihan Muhammas Sinen telah melampaui 50 plus 1 seandainya Pilwako dilakukan hari ini bertepatan dengan rilis survei Poltracking. 


Yang lebih menarik Poltracking mencoba mengajukan pertanyaan cukup sensitif, jika bapak/ibu/saudara datang ke TPS, saat berada dalam bilik suara pada Pilwako nanti 72,2 % pemilih menjawab memilih Muhammad Sinen. Sedangkan untuk pesaing seperti Elvri Conoras, Syamsul Rizal dan Jafar Sadik keterpilihan tak mencukupi 10 % hanya 7,2 % dan 6,9 %. Jika Pilwako Tikep tak menyertakan nama Muhammad sinen dalam simulasi yang coba diajukan Poltracking, tetap saja 84,0 % tak akan memilih, loyalis Muhammad Sinen sungguh tak tergoyahkan.


Untuk calon Wakil Walikota yang disurvei Poltracking menempatkan Ahmad Laiman sebagai top of mind kurang lebih 41,9 %-43,8 %, terpaut jauh dari seluruh pesaing-pesaingnya yang rekor tertinggi elektabiltasnya tak sampai 10 %. Nama-nama semacam Elvri Conoras, Djabir Taha, Adam Dano dan lainnya hanya finis pada angka 7,7 %. Jika simulasi nama Wakil Walikota tidak melibatkan nama Ahmad Laiman, para pesaing semisal Adam Dano Djafar elektabilitasnya hanya mampu naik tipis sekali 12,3 %, pesaing sisanya hanya bisa capai 9,0 %.


Jadi ketika Muhammad Sinen memilih pasangan wakil walikotanya Ahmad Laiman, adalah pilihan yang jitu. Insting politik Muhammad Sinen sekali lagi harus diberi 4 jempol, intuisi politik sang petarung dari Utara ini tak salah. Ketika Muhammd Sinen dan Ahmad Laiman (Masi-AMAN) dipasangkan melawan pasangan kandidat manapun yang coba disimulasikan, baik melawan 4 pasang, 3 pasangan hingga head to head Masi-Aman tetap tak tertandingi, kokoh di top of mind 62,1 %. 


Jika merujuk pada hasil ilmiah survei yang dirilis Poltracking dan hasil-hasil survei sebelumnya dari lembaga survei kridibel dan bisa dipertanggungjawabkan, mungkin Pilwako Tikep telah selesai, apalagi dengan sisa waktu maksimal 3 bulan sebelum hari pemilihan. Masi-Aman telah memiliki loyalis pemilih yang besar dan begitu militan.


Hasil survei Poltracking Indonesia memperlihatkan sebaran kekuatan politik Muhammad Sinen begitu merata diseluruh kecamatan. Dari 8 kecamatan di Kota Tikep, baik berdasarkan gender, agama, pendidikan, baik berdasarkan suku, jenis pekerjaan, besaran penghasilan, tipologi, kelompok usia, hingga kelompok organisasi kemantapan memilih Masi-Aman ditiap-tiap kecamatan nyaris mendakati sempurna, bahkan mencapai 90,0 %.


Survei ini memberi kita data dan gambaran yang cukup akurat bagaimana kekuatan Masi-Aman yang sesungguhnya. Menurut Ardiansyah Fauzi, ketua tim pemenangan Masi-AMAN Kota Tikep, hasil survei yang telah dirilis oleh Poltracking Indonesia sesungguhnya menjelaskan fakta politik hari ini yang sebenarnya terjadi di lapangan. Bahwa kekuataan Masi-AMAN adalah kekuatan rakyat yang akan begitu sulit dilawan, mayoritas warga Tikep telah menentuntakan pilihannya jauh hari sebelum berada dalam bilik suara. 


“Kami akan menjadikan hasil survei sebagai data penting untuk kerja-kerja pemenangan yang tersisa tiga bulan ini. Mari berjuang bersama Masi-Aman,” kata Ardiansyah. *

  • Poltracking Indonesia dan Tangguhnya MASI-AMAN di Pilwako Tikep
  • 0

Terkini