Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

PPK Oba Utara Gelar Rapat Pleno Terbuka DPHP pada Pilkada 2024

Tuesday 6 August 2024 | 18:10 WIB Last Updated 2024-08-06T09:11:33Z

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Oba Utara Kota Tidore Kepulauan, kembali melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, Selasa (6/8/2024). 



Sinarmalut.com, Tidore - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Oba Utara Kota Tidore Kepulauan, kembali melaksanakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024, Selasa (6/8/2024). 


Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP yang secara berjenjang telah ditetapkan sebelumnya di tingkat PPS di 13 desa/kelurahan se-Kecamatan Oba Utara beberapa waktu lalu, kini memasuki tahapan Pleno di tingkat PPK Oba Utara. 


Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP yang merupakan bagian krusial dalam Tahapan penyusunan daftar pemilih tersebut digelar di Balai Pertemuan Desa Galala serta dipimpin langsung oleh Anggota PPK Divisi Teknis Penyelenggaraan, Irfan Umar dan didampingi Anggota PPK lainnya Risman Tidore dan Budiman A. Majid dan dihadiri oleh Ketua dan anggota PPS. 


Irfan Umar, dalam arahannya mengatakan Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP merupakan proses berjenjang yakni melakukan rekapitulasi kembali hasil yang telah ditetapkan sebelumnya pada pleno di tingkat PPS di 13 desa/kelurahan se-Kecamatan Oba Utara beberapa waktu lalu. 


“Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP tingkat PPK tentunya kami berkewajiban untuk melakukan rekapitulasi kembali hasil yang ditetapkan oleh rekan-rekan kami di tingkat PPS", Tutur Irfan. 


Irfan menyebutkan jika ditemukan adanya selisih maupun keberatan dari mitra kami di Panwaslu Kecamatan maka, kami tentunya akan menindaklanjuti dan menyelesaikannya melalui forum pleno di tingkat PPK. 


Irfan menambahkan, apapun saran dan masukan teman-teman Panwaslu Kecamatan maupun stakeholder lainnya kaitan dengan data pemilih pihaknya (PPK) akan selalu welcome dan seusai pedoman regulasi tentunya kami akan menindaklanjuti dan menyelesaikannya selama hal tersebut berkaitan dengan data pemilih. 


"Bagi kami (PPK), keberhasilan tahapan Pilkada  ditentukan oleh Tahapan Pemuktahiran dan penyusunan Data Pemilih yang akurat dan valid. Jika data berkualitas tentu Pilkada akan berkualitas pula," kata Irfan.


Irfan, juga berterimakasih kepada seluruh PPS dan Pantarlih se-Kecamatan Oba Utara yang bekerja keras hingga Data pemilih Pasca pencoklitan dapat ditetapkan melalui forum Rapat Pleno Rekapitulasi DPHP. 


“Terimakasih kepada Rekan PPS dan Pantarlih, semoga kedepan kita tetap solid dan membangun kerjasama yang bagus demi terselenggaranya Pilkada serentak Tahun 2024 sesuai amanat Perundang-undangan yang berlaku," tandasnya.


Terpisah, Anggota PPK Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Budiman A. Majid, menjelaskan Pleno Rekapitulasi DPHP tersebut merupakan Pleno pertama perihal data pemilih ditingkat Kecamatan atau PPK. 


Dijelaskan Pleno Rekapitulasi DPHP tersebut bertujuan memastikan setiap data pemilih untuk Pilkada 2024 benar-benar valid sesuai data pada sistem daftar pemilih atau Sidalih yang diturunkan oleh KPU Kota Tidore Kepulauan. 


“Kami akan memastikan bahwa data DPHP yang diplenokan sudah sesuai dengan data Sidalih sehingga penyesuaian data dalam rekapitulasi tingkat PPK benar-benar sesuai dengan hasil yang direkam ditingkat PPS," ujar Budi


Budi juga berharap apabila terdapat data pemilih yang belum masuk pihaknya akan meverifikasi kembali dan pasca pleno DPHP di tingkat KPU Kota Tidore Kepulauan nantinya ada Tahapan selanjutnya yakni Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Perbaikan atau DPSHP sebelum difinalisasi menjadi Daftar pemilih Tetap atau DPT. 


Untuk diketahui Rapat Pleno terbuka Rekapitulasi DPHP yang digelar oleh PPK Oba Utara di akhiri dengan penandatanganan Berita Acara Penetapan Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) oleh Komisioner PPK dan selanjutnya diserahkan kepada beserta Ketua Panwascam Oba Utara, Camat Oba Utara, perwakilan Kepolisian Sektor Oba Utara. *

  • PPK Oba Utara Gelar Rapat Pleno Terbuka DPHP pada Pilkada 2024
  • 0

Terkini