Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Buang Sauh di Teluk Jailolo, KM Dorolonda Disambut Perahu Kora Kora

Friday 27 September 2024 | 23:30 WIB Last Updated 2024-09-27T14:30:37Z


Sinarmalut.com,
Tidore - KM Dorolonda resmi berlabuh di pelabuhan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, tepatnya di Desa Gufasa, Jumat (27/9/2024).


Acara penyambutan KM Dorolonda diawali dengan diterimanya Kapten KM. Dorolonda Stefanus Djarot Setyawibawa beserta kru kapal oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Maluku Utara Salmin Janidi dengan menggunakan perahu Kora Kora.


Ratusan warga, dan Pjs Bupati Denhi Rjan, unsur Forkopimda termasuk Sri Sultan Jailolo Ahmad Syah turut hadir di prosesi penyambutan ini. Sultan Ahmad Syah turut mengucapkan puji syukur panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, dengan hadirnya KM Dorolonda yang melayani rute Jailolo-Jakarta.


"Kami bangga sekali pada sore hari ini, karena momen yang ditunggu-tunggu KM. Dorolonda dapat berlabuh di pelabuhan teluk Jailolo," ucapnya.


Dirinya juga meminta kepada seluruh masyarakat Halbar, walaupun kapal KM. Dorolonda belum dapat bersandar langsung di pelabuhan Jailolo, namun sudah sangat istimewa karena KM Dorolonda dapat berlabuh di Kabupaten Halmahera Barat.


"Kami selaku Kesultanan Jailolo dan juga selaku pemangku adat sangat mengapresiasi sekali, semoga kedatangan KM Dorolonda dapat membawa banyak manfaat bagi perekonomian di Kabupaten Halbar ini," harapnya.


Sementara Pjs Bupati Halbar Dheni Tjan mengatakan kehadiran kapal ini menandai langkah maju bagi pengembangan transportasi dan perekonomian di daerah ini.


"Hari ini adalah momen bersejarah bagi kita semua, terutama bagi masyarakat Halmahera Barat dengan hadirnya Kapal Dorolonda, kapal ini bukan hanya simbol transportasi, tetapi juga harapan baru bagi peningkatan perekonomian dan konektivitas antar pulau di wilayah kita. Kehadiran kapal ini akan mempermudah akses barang dan jasa, serta mempercepat proses distribusi, yang pada akhirnya berdampak

positif pada kesejahteraan masyarakat," ucap Dheni.


"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam proses kedatangan

Kapal Dorolonda ini, termasuk pemerintah pusat, pihak pelayaran, dan semua stakeholder yang terlibat. kerja keras dan kolaborasi kita semua sangat berarti dalam mewujudkan pencapaian ini. Selain itu, saya berharap agar kapal ini dapat dioperasikan dengan baik dan aman, mari kita jaga bersama fasilitas ini agar tetap berfungsi optimal dan memberikan manfaat bagi kita semua," sambungnya.


Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. “Mari kita tingkatkan kerjasama dalam pengembangan sektor perikanan, pariwisata, dan perdagangan lokal, dan semoga kedepannya kami dari Pemkab Halbar juga akan berusaha melobi ke pemerintah pusat agar kementrian perhubungan dapat membangun layaknya dermaga pelabuhan Jailolo sehingga KM. Dorolonda dapat bersandar langsung di pelabuhan Jailolo,” ujarnya.


Sementara para Kru KM Dorolonda mengaku takjub dengan teluk Jailolo dimana kapal tersebut berlabuh. Mereka juga merasa bangga karena disambut meriah oleh warga dan pemerintah daerah.


"Harapan kami dengan masuknya Kapal kami Dorolonda dapat membantu perekonomian masyarakat halbar," kata Kamsito, salah satu kru kapal.


Diketahui dalam acara penyambutan  KM. Dorolonda, hadir dalam kegiatan tersebut Pjs. Bupati Halbar Dheni Tjan, Pj Sekda Drs. Julius Marau, Kepala KUPP Kls III Jailolo Rosihan Gamtjim, Ketua Sementara DPRD Halbar Ibnu Saud Kadim, Sultan Jailolo Ahmad Syah dan Permaisuri. Mewakili Dandim 1501/ Ternate, Danramil 1501-03/ Jailolo Lettu Inf. Yus Budi Harto Amd. Kep.Kapolres AKBP Erlichson P, mewakili Kajari Halbar, Kasi Intel Edy Juebang SH. MH.Para Asisten dan staf Ahli Pemkab Halbar, Para pimpinan OPD Pemkab Halbar Camat Jailolo Mochdar Ali. *

  • Buang Sauh di Teluk Jailolo, KM Dorolonda Disambut Perahu Kora Kora
  • 0

Terkini