Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Hadir di Pelantikan 25 Anggota DPRD Periode 2024-2029, Ini Kata Walikota Tikep

Tuesday 17 September 2024 | 18:35 WIB Last Updated 2024-09-17T09:35:16Z

Pidato Walikota Tikep Capt. Hi Ali Ibrahim 

Sinarmalut.com,
Tidore - Kita patut untuk berbangga bahwasanya Indonesia merupakan bangsa yang menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi sehingga dapat melaksanakan 13 (tiga belas) kali Pemilihan Umum yang berjalan dengan relatif tertib dan lancar.


Demikian sambutan tertulis Menteri Dalam Negeri RI Muhammad Tito Karnavian yang dibacakan Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H.Ali Ibrahim pada Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan Masa Jabatan 2024-2029.


Sidang istimewa ini bertempat di ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tidore Kepulauan, Selasa (17/9/2024).


“Atas nama Pemerintah, Saya ucapkan terima kasih serta apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak konstitusionalnya di dalam pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 yang lalu,” ucap Ali Ibrahim.


Ali Ibrahim menambahkan, secara konseptual maupun legal-formal, kedudukan DPRD merupakan bagian integral dari Pemerintahan Daerah, dimana karakter dari DPRD di dalam kerangka negara kesatuan (unitaris) memiliki corak yang berbeda dengan kedudukan Lembaga legislatif di negara-negara federal yang menganut pemisahan kekuasaan negara secara absolut hingga ke tingkat lokal atau regional.


“Setiap anggota DPRD dipilih dalam pemilu yang pencalonannya melalui Partai Politik. Hal ini tentunya memiliki perbedaan dengan Pemilihan Kepala Daerah yang dimungkinkan calonnya maju dari jalur perseorangan,”katanya.


Lanjut Ali, anggota DPRD berhak meningkatkan kompetensi dan kualitasnya melalui kegiatan-kegiatan seperti orientasi dan bimbingan teknis.


"Namun, perlu diingat bahwa pelaksanaannya dilakukan secara proporsional yang berbasis pada peningkatan hard skill maupun soft skill dalam menunjang tugas-tugasnya. Pelatihan dan pengembangan ini diharapkan dapat membantu anggota DPRD dalam menjalankan fungsi legislatif, pengawasan, dan anggaran secara efektif dan efisien, demi tercapainya tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya.*

  • Hadir di Pelantikan 25 Anggota DPRD Periode 2024-2029, Ini Kata Walikota Tikep
  • 0

Terkini