Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Optimalkan Program Penurunan Stunting, Pemkot Tikep Gelar Safari Gemarikan

Wednesday 25 September 2024 | 15:43 WIB Last Updated 2024-09-25T06:43:26Z

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tidore Kepulauan Hamid Abd. Latif serahkan paket olahan ikan ke siswa 

Sinarmalut.com,
Tidore - Optimalisasi program penurunan Stunting, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep) melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) bekerjasama dengan TP PKK dan Dinas Pendidikan menggelar Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang melibatkan anak-anak PAUD di Kota Tidore Kepulauan.


Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo, dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Ny. Nuraen Ismail Dukomalamo, Ketua III TP PKK Ny. Ferawati serta Para Pimpinan OPD, bertempat di Aula Sultan Nuku Kantor Wali Kota, Rabu (25/9/2024).


Sekda Ismail Dukomalamo dalam sambutannya menyampaikan, Gemarikan merupakan salah satu upaya dari program penurunan stunting yang mengacu pada Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dan Inpres Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.


“Pentingnya konsumsi ikan oleh masyarakat dalam rangka peningkatan status gizi untuk membentuk bangsa yang sehat, kuat dan cerdas, sehingga kegiatan ini sejalan dengan tujuan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.


Ismail berharap, melalui kegiatan ini, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Tidore Kepulauan akan meningkat. Khususnya pada anak-anak Usia PAUD, dianjurkan agar lebih banyak mengkonsumsi ikan karena merupakan sumber makanan bergizi tinggi yang mengandung omega 3, dimana sangat berguna untuk kecerdasan otak.


“Semoga upaya dan usaha ini akan membawa manfaat besar demi melahirkan generasi Kota Tidore Kepulauan yang sehat, berprestasi dan cinta akan produk makanan lokal, melalui makanan hasil olahan ikan, serta melalui kegiatan ini Kota Tidore Kepulauan dapat mempercepat penurunan angka stunting,” Imbuhnya.


Kepala DKP Tikep, Hamid A. Latif dalam laporannya menyampaikan, Gemarikan adalah salah satu gerakan moral bertujuan memotivasi anak-anak untuk mengkonsumsi ikan secara teratur, agar terbentuk generasi yang sehat, kuat dan cerdas di Kota Tidore Kepulauan kedepannya.


“Kegiatan ini merupakan kolaborasi DKP dengan Tim Penggerak PKK Kota Tidore Kepulauan dan Dinas Pendidikan Kota Tidore Kepulauan, kegiatan yang dilaksanakan adalah berupa edukasi mengenai manfaat dari makan ikan yang bisa membantu penanganan stunting pada anak usia PAUD,” ungkapnya.


Hamid menambahkan, pada kegiatan ini juga ada pembagian 168 paket olahan ikan kepada Siswa PAUD di Kota Tidore Kepulauan, dengan rincian 88 paket di 4 Kecamatan Pulau Tidore, yang dibagikan langsung pada hari ini dan 4 Kecamatan di Daratan Oba akan dibagikan pada hari Kamis, (26/9) besok di Payahe.


“Adapun Paket Olahan Ikan yang dibagikan berupa Abon Ikan, Nugget Ikan, Bakso Ikan, Ikan Teri Crispy, Ikan Asap dan Susu Dancow. Olehnya itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan dukungannya sehingga kegiatan ini dapat berlangsung sesuai harapan,” pungkasnya. *


  • Optimalkan Program Penurunan Stunting, Pemkot Tikep Gelar Safari Gemarikan
  • 0

Terkini