Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates



Iklan Beranda

Tahun Ini, Tomagoba Ditunjuk Emban Program Kelurahan ‘Cantik’ di Tikep

Monday 2 September 2024 | 15:11 WIB Last Updated 2024-09-02T06:11:31Z


Sinarmalut.com,
Tidore - Pentingnya data statistik dalam pembangunan tidak bisa kita pandang sebelah mata. Data yang akurat dan terpercaya adalah pondasi bagi perencanaan pembangunan yang efektif dan berkelanjutan baik di desa/kelurahan di Kota Tidore Kepulauan (Tikep).


Untuk mewujudkan itu dibutuhkan sebuah gagasan desa/kelurahan yang cinta akan statistik. Inisiatif Desa/Kelurahan Cinta Statistik (Cantik) ini merupakan langkah strategis yang sangat signifikan dalam upaya kita bersama untuk meningkatkan kualitas data dan informasi di Kota Tidore Kepulauan.


Demikian sambutan tertulis Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan yang dibacakan Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Setda Syofyan Saraha pada Acara Pencanangan dan Sosialisasi Desa Kelurahan Cinta Statistik Kota Tidore Kepulauan di Meeting Room Penginapan Visal, Kelurahan Gamtufkange, Senin (02/9/2024).


“Desa/Kelurahan Cinta Statistik adalah sebuah gerakan yang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk lebih peduli terhadap pentingnya data. Melalui program ini, kita tidak hanya membangun kesadaran akan pentingnya statistik, tetapi juga memastikan bahwa setiap data yang kita kumpulkan adalah data yang benar-benar valid, akurat, dan representative,” papar Syofyan Saraha.


Syofyan menambahkan melalui sinergi antara pemerintah, perangkat desa/kelurahan, dan masyarakat, kita akan mampu mewujudkan pembangunan yang lebih terarah dan tepat sasaran. 


“Mari kita jadikan program Desa/Kelurahan Cinta Statistik ini sebagai motor penggerak untuk menciptakan data yang lebih baik, yang pada akhirnya akan menjadi dasar dari kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada masyarakat,” ajaknya.


“Dengan adanya program ini, kita bisa lebih mendekatkan statistik kepada masyarakat. Masyarakat harus menjadi bagian dari proses pengumpulan data, sehingga data yang dihasilkan betul-betul menggambarkan kondisi yang ada di lapangan,” sambung Sofyan.


Syofyan Saraha juga mengajak semua pihak untuk berkomitmen dalam mendukung program ini. “Mari kita jadikan Kota Tidore Kepulauan sebagai pelopor dalam pengelolaan data statistik di Maluku Utara. Dengan niat yang tulus dan kerja keras kita bersama, saya yakin, kita akan mampu memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah yang kita cintai ini,” ucapnya.


Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tidore Kepulauan Oki Afrizal dalam sambutannya menyampaikan BPS sebagai leading sector dalam pengembangan statistic memiliki peran penting dalam peningkatan literasi sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, BPS berkewajiban untuk memberikan pembinaan statistik kepada Kementerian/ Lembaga Satuan Kerja Perangkat Daerah/ Institusi lainnya, termasuk hingga tingkat desa, melalui Sistem Statistik Nasional (SSN) yang berkesinambungan sebagai salah satu bentuk kontribusi dalam peningkatan literasi statistik guna mendukung pembangunan nasional, Salah satu perwujudan amanat UU tersebut adalah dengan dilaksanakan suatu kegiatan pembinaan statistik di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif yaitu Program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).


Lanjutnya, tujuan dari Program Desa Cantik untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa serta masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Program ini juga sebagai optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik, sehingga program pembangunan tepat sasaran. Disamping itu untuk membentuk agen-agen statistic di tingkat desa. Dengan demikian perangkat desa bisa membangun dan mengumpulkan data statistik sendiri.


Oki Afrizal menambahkan, di Kota Tidore Kepulauan program Desa Cantik sudah diterapkan di tiga Kelurahan yakni Kelurahan Goto (2021), Kelurahan Rum Balibunga (2022), dan Kelurahan Tongowai (2023). Pada Tahun ini Kelurahan Tomagoba, dengan dukungan semua pihak diharapkan program desa/kelurahan cantik ini dapat berjalan sukses dalam rangka mendukung pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Acara dilanjutkan dengan Penandatangan Piagam Penghargaan dari Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Sofyan Saraha bersama Kepala BPS Kota Tidore Kepulauan Oki Afrizal dan Kepala Kelurahan Tomagoba Agus Salim. Piagam penghargaan Kelurahan Tomagoba sebagai Program Desa/ Kelurahan Cantik Tahun 2024 serta pengukuhan Agen Cinta Statistik dengan memasangkan salempang kepada perwakilan agen statistik Kelurahan Tomagoba sebagai tanda pengukuhan. *

  • Tahun Ini, Tomagoba Ditunjuk Emban Program Kelurahan ‘Cantik’ di Tikep
  • 0

Terkini