Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Bawaslu Halbar Telusuri Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN

Saturday 5 October 2024 | 09:00 WIB Last Updated 2024-10-06T12:59:09Z

Kordiv Hukum, Pencegahan Parmas Dan Humas Bawaslu Halmahera Barat, Helni Rosiana Amo

Sinarmalut.com,
Jailolo - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), tengah menelusuri dugaan keterlibatan ASN dalam kegiatan kampanye politik di Pilkada serentak tahun 2024 baik Pemilihan gubernur, wakil gubernur dan bupati, wakil bupati.


Kordiv Hukum, Pencegahan Parmas Dan Humas Bawaslu Halmahera Barat, Helni Rosiana Amo menuturkan, dari hasil penelusuran nanti tim membuat kajian setelah itu baru dipublikasikan. Penelusuran ini menyasar dua kecamatan yakni di Kecamatan Tabaru dan Kecamatan Ibu Utara.


"Makanya kita sementara mengumpulkan Panwas yang turut serta dalam pengawasan di masing-masing kecamatan untuk menyampaikan LHP yang juga beredar di grup WhatsApp itu, jadi kita sudah bentuk tim penelusuran dan perlu beberapa waktu melakukan kajian sambil terus berkoordinasi dengan pimpinan provinsi,”kata Helni, Jumat (04/10/2024).


Helni mengakui, memang saat ini pelanggaran netralitas ASN cukup marak di media sosial. Intinya, kata Helni, Bawaslu tetap menindaklanjuti temuan dan memprosesnya.


"Untuk sementara ini kita masih rampung ada beberapa keterlibatan jika WhatsApp grup itu ada beberapa itu instansi Pemda melakukan politik praktis tetapi kita belum bisa merincikan karena saat ini masih sementara penelusuran," ucapnya.


Untuk menyelesaikan pelanggaran tersebut, lanjut Helni, Bawaslu Halbar  tetap berdasarkan Perbawaslu nomor 6 tahun 2018 tentang pengawasan netralitas ASN dan Undang-undang nomor 5 tahun 2018 tentang Aparatur Sipil Negara, peraturan pemerintah nomor 94 tahun 2001 tentang disiplin pegawai negeri sipil dan dasar hukum pelaksanaan pilkada yaitu undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan gubernur dan bupati.


"Kita sudah melayangkan surat himbauan ke Pemda, kepala-kepala desa dan camat artinya dari sisi pengawasan dan pencegahan kita sudah berupaya melakukan itu," jelasnya.


“Karena ada asumsi orang berbeda soal Netralitas ASN makanya kemarin Bawaslu sudah menggelar deklarasi netralitas ASN bersama Pj Bupati dimana kami juga memberikan materi sosialisasi tingkat kabupaten,” tambahnya mengakhiri. *

  • Bawaslu Halbar Telusuri Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN
  • 0

Terkini