Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Bawaslu Halteng Rekomendasikan 8 Poin Penting ke KPU Terkait Rekrutmen KPPS

Thursday 3 October 2024 | 11:57 WIB Last Updated 2024-10-03T02:57:58Z

Ketua Bawaslu Halmahera Tengah Sitti Hasmah Bt. Mohd Amin 

Sinarmalut.com,
Weda - Sedikitnya ada 8 poin himbauan Bawaslu Halmahera Tengah (Halteng) ke KPU dalam pembentukan badan Ad-Hoc KPPS pada Pilkada serentak tahun 2024.


Ketua Bawaslu Halmahera Tengah Sitti Hasmah Bt. Mohd Amin kepada media ini mengatakan bahwa dalam pembentukan badan Ad-Hoc KPPS oleh KPU Halmahera Tengah pihaknya mengeluarkan 8 himbauan.


Delapan poin himbauan tersebut disebutkan Sitti antara lain, pertama memastikan ketaatan prosedur dalam persiapan dan pelaksanaan pembentukan KPPS sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.


“Kedua, memastikan pembentukan KPPS dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas dan kemandirian calon anggota KPPS. Ketiga, memastikan mengumumkan pendaftaran dan hasil seleksi  pembentukan KPPS pada tempat publik yang mudah diakses oleh masyarakat dan memanfaatkan media informasi,” sebut Siti, Kamis (03/10/2024).


Selanjutnya keempat, memastikan menerima dan menindaklanjuti tanggapan dan masukan masyarakat pada pelaksanaan pembentukan KPPS. Kelima, memastikan penetapan KPPS berasal dari anggota masyarakat disekitar tempat pemungutan suara (TPS) yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Keenam, memperhatikan komposisi keterwakilan perempuan paling sedikit 30% pada keanggotaan KPPS.


Ketujuh, memastikan anggota KPPS yang ditetapkan bukan dan atau tidak menjadi anggota partai politik, atau tidak lagi menjadi anggota partai politik paling singkat 5 tahun, termasuk di dalamnya tidak menjadi tim kampanye, tim pemenangan atau saksi peserta pemilu dan pemilukada, dan kedelapan, menindaklanjuti masukan, tanggapan, saran, perbaikan, rekomendasi dan putusan pengawas pemilu atas temuan dan atau laporan dugaan pelanggaran pemilihan pada pelaksanaan pembentukan KPPS. *

  • Bawaslu Halteng Rekomendasikan 8 Poin Penting ke KPU Terkait Rekrutmen KPPS
  • 0

Terkini