Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Gelar Sosialisasi Netralitas ASN

Thursday 17 October 2024 | 17:57 WIB Last Updated 2024-10-17T08:57:58Z

Jelang pemilihan kepala daerah Bawaslu Kota Tidore Kepulauan gelar sosialisasi netralitas ASN 

Sinarmalut.com,
Tidore - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2024 bulan November mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan gelar kegiatan Sosialisasi Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, yang dilangsungkan di Aula Kantor Wali Kota Tidore, Kamis (17/10/2024).


Sosialisasi Netralitas ASN ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra DR. Syofyan Saraha, dihadiri oleh peserta yang meliputi Para Pimpinan OPD, Camat, Lurah serta Para Kepala Puskesmas se Kota Tidore Kepulauan.


Syofyan Saraha mengatakan, Isu Netralitas ASN menjelang Pilkada Serentak Tahun 2024 ini menjadi perhatian publik, sehingga sosialisasi ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama untuk menjaga dan menegakkan prinsip netralitas dalam penyelenggaraan pemerintahan menjelang Pemilihan Serentak Tahun 2024.


"Pemerintah Kota Tidore Kepulauan telah mengeluarkan himbauan tentang Netralitas ASN di Lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, melalui himbauan tersebut kami tegaskan bahwa ASN tidak diperkenankan terlibat dalam politik praktis, ASN harus bebas dari pengaruh dan intervensi dari semua golongan," ungkapnya.


Semua aturan maupun himbauan tersebut Syofyan mengatakan, harus dipatuhi dengan sebaik-baiknya. ASN harus menjadi teladan, menciptakan jiwa profesionalisme dan integritas, karena pelanggaran terkait netralitas tidak hanya merusak kredibilitas sebagai aparat pemerintah, tetapi juga dapat merusak kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.


"Proses Pemilihan Kepala Daerah yang baik tidak hanya menghasilkan pemimpin yang kredibel dan berintegritas, tetapi juga mampu menciptakan stabilitas, keamanan, dan keharmonisan di lingkungan masyarakat, khususnya di Kota Tidore Kepulauan. Untuk itu, ASN dapat menjadi contoh di tengah-tengah masyarakat, agar terciptanya suasana yang damai dan harmonis," imbuhnya.


Sementara, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Amru Arfa dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan sosialisasi netralitas ASN ini sangat penting dilakukan dalam rangka menghadapi Pemilihan Kepala Daerah di Wilayah Kota Tidore Kepulauan, karena memang tugas, wewenang dan tanggung jawab Bawaslu tidak hanya sekedar melakukan pencegahan dan penindakan.


"Tetapi memberikan edukasi terhadap netralitas ASN di wilayah kerjanya, untuk itu sebagai langkah pencegahan, Bawaslu Kota Tidore menggelar kegiatan Sosialisasi Netralitas ASN, serta upaya untuk menekan angka pelanggaran di wilayah Kota Tidore Kepulauan. Sebagai informasi, Bawaslu Kota Tidore telah mendapat beberapa laporan di tahapan kampanye terkait keterlibatan ASN," ucapnya.


Meski demikian, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan mengatakan, laporan keterlibatan ASN Kota Tidore dalam tahapan kampanye tersebut, masih dalam proses penjajakan dan pengkajian, karena belum memenuhi beberapa unsur dan syarat untuk diangkat menjadi suatu temuan, masih membutuhkan penelusuran lanjutan sebelum akhirnya diplenokan menjadi temuan.


"Ini menjadi informasi, juga sebagai alarm bagi ASN untuk saling mengingatkan, serta dapat menempatkan diri, mana konteks yang harus terlibat dan tidak, kita sedang dalam tahapan kampanye, ada larangan bagi ASN mengacu pada undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 70 dan 71, yang mengatur terkait keterlibatan ASN dan larangan untuk membuat keputusan yang menguntungkan atau merugikan salah satu paslon," paparnya.


Kegiatan sosialisasi netralitas ASN ini mendaulat Kapolresta Tidore, Kombes Pol. Yury Nurhidayat, Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo, Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Amru Arfa dan Akademisi Fakultas Hukum Universitas Khairun, DR. Sultan Alwan sebagai narasumber. *


 


  • Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Gelar Sosialisasi Netralitas ASN
  • 0

Terkini