Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Diduga Terlibat Politik Praktis, Tim Hukum MASI-AMAN Laporkan Dua ASN ke Bawaslu

Monday 7 October 2024 | 20:08 WIB Last Updated 2024-10-07T11:08:34Z

Anggota tim hukum MASI AMAN Fahmi Albar dan M. Sanusi Taran

Sinarmalut.com,
Tidore - Sikap pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Tidore Kepulauan Nomor Urut 2, Syamsul Rizal. Hasdy dan Adam Dano Jafar (SAM-ADA), yang begitu tegas mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk tidak terlibat dalam politik praktis, rupanya hanya sebatas isapan jempol. 


Buktinya, terdapat dua ASN Kota Tidore Kepulauan yang diduga secara terang-terangan mendukung kedua Paslon tersebut dalam Pilkada Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024.


Menyikapi hal itu, Tim Hukum Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Nomor Urut 1, Muhammad Sinen dan Ahmad Laiman (MASI-AMAN), kemudian melaporkan ke dua oknum ASN tersebut ke Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Senin (07/10/2024).


Dua ASN itu di antaranya, IH alias Iskandar, yang merupakan ASN pada Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan, dan RS alias Ridwan, yang merupakan ASN pada Kementerian Perhubungan. 


"Informasi yang kami dapat, untuk IH ini menyatakan dukungan kepada Paslon SAM ADA melalui media, sementara untuk Ridwan Soleman, dia menghadiri kampanye SAM ADA di Kelurahan Goto sambil mengangkat dua jari," ungkap Fahmi Albaar, salah satu Anggota Tim Hukum MASI-AMAN.


Dari dugaan kasus tersebut, Tim Hukum MASI-AMAN, kemudian melaporkan dua ASN itu ke Bawaslu, dengan dugaan larangan keterlibatan ASN dalam politik praktis, sebagaimana yang diatur dalam UU Nomor 10 Tahun 2016 pasal 71, dan UU Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN, Pasal 9 Ayat 2 dan pasal 24 ayat 1 jo Pasal 5 Huruf N, Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 Tentang Disiplin ASN. 


"Kami ingin mengingatkan bahwa sebagai ASN ada aturan mainnya yang harus dipatuhi, karena ada konsekuensinya bagi siapa saja yang terbukti dan terlibat dalam politik praktis," tambah M. Sanusi Taran yang juga merupakan Anggota Tim Hukum MASI-AMAN. *

  • Diduga Terlibat Politik Praktis, Tim Hukum MASI-AMAN Laporkan Dua ASN ke Bawaslu
  • 0

Terkini