Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

FGD Penyusunan Master Plan DTW Dodola Pulau Morotai 2024 Sukses Digelar

Tuesday 1 October 2024 | 21:19 WIB Last Updated 2024-10-01T12:19:50Z

Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai gelar FGD untuk membahas laporan akhir penyusunan master plan daya tarik wisata Pulau Dodola tahun 2024

Sinarmalut.com,
Morotai - Focus Group Discussion (FGD) untuk membahas laporan akhir penyusunan Master Plan Daya Tarik Wisata (DTW) Pulau Dodola tahun 2024 sukses digelar.


Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Pulau Morotai ini dihadiri oleh Para Asisten dan Staf Ahli Lingkup Pemda Morotai serta dari berbagai pemangku kepentingan, Selasa (01/10/2024).


Asisten Bidang Administrasi Umum dan Kehumasan Syafrudin Manyila, mewakili Penjabat Bupati Pulau Morotai, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sektor pariwisata Kabupaten Pulau Morotai telah menjadi salah satu sektor unggulan yang didorong oleh pemerintah pusat. Pariwisata diharapkan dapat menjadi motor penggerak perekonomian, sosial, budaya, serta pertahanan dan keamanan di wilayah perbatasan. 


"Morotai memiliki geostrategis yang penting sebagai pulau terluar di sisi timur laut Indonesia, berbatasan langsung dengan Filipina, serta sejarah yang mendunia. Untuk itu, diperlukan sebuah dokumen perencanaan pariwisata yang komprehensif dan berkelanjutan," ujar Syafrudin.


Tujuan dari penyusunan dokumen masterplan ini adalah untuk memberikan panduan strategis dalam pengembangan infrastruktur pariwisata, promosi dan pemasaran, pelestarian lingkungan dan budaya, serta pengembangan sumber daya manusia dan pemberdayaan masyarakat lokal. 


Sambungnya, penyusunan ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan dan program untuk pengembangan pariwisata di masa depan.


Pemerintah daerah juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Tim Perencanaan P2PAR ITB yang telah bekerja keras melahirkan dokumen perencanaan secara komprehensif dan detail, khususnya untuk kawasan wisata Pulau Dodola. Tim ini dinilai telah memberikan kontribusi penting dalam mendukung pengembangan pariwisata daerah.


Seluruh peserta FGD diharapkan untuk berpartisipasi aktif dalam memberikan pandangan serta kontribusi positif.


"Kehadiran kita di tempat ini adalah untuk mewujudkan tugas pemerintah membangun pariwisata Morotai yang lebih terencana dan sistematis, serta memberikan manfaat besar bagi masyarakat," tambah Syafrudin.


Acara FGD ini diharapkan dapat menghasilkan masukan yang konstruktif guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan kesejahteraan serta keadilan bagi masyarakat Morotai. *

  • FGD Penyusunan Master Plan DTW Dodola Pulau Morotai 2024 Sukses Digelar
  • 0

Terkini