Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Libatkan Penyelenggara Pemilu dan Polres, Pemkot Tidore Kepulauan Gelar Rakor Desk Pilkada 2024

Wednesday 9 October 2024 | 17:10 WIB Last Updated 2024-10-09T08:10:06Z


Sinarmalut.com,
Tidore - Dalam mendukung kelancaran pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024 di Kota Tidore, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tidore Kepulauan menggelar rapat koordinasi (Rakor) Dukungan Elemen Satuan Kerja (DESK) Pilkada Tahun 2024 di Kota Tidore Kepulauan.


Rakor tersebut dibuka secara resmi oleh Walikota Tidore Kepulauan yang diwakili Asisten Sekda Bidang Tata Pemerintahan dan Kesra DR Syofyan Saraha M.Si, yang berlangsung di penginapan Visal, Kelurahan Gamtufkange, Rabu (09/10/2024).


Mengawali sambutan Walikota, Syofyan Saraha mengatakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan salah satu tonggak penting dalam perjalanan demokrasi, sehingga Pilkada bukan sekadar ajang Pemilihan Kepala Daerah, tetapi lebih dari itu. Kata Syofyan, ini adalah bagian dari upaya mewujudkan pemerintahan yang demokratis, bersih dan berpihak kepada kepentingan rakyat.


Proses Pilkada yang baik tidak hanya akan menghasilkan pemimpin yang kredibel dan berintegritas, tetapi juga mampu menciptakan stabilitas politik dan keamanan di daerah Kota Tidore Kepulauan.


“Saya menekankan pentingnya dukungan dari seluruh elemen satuan kerja, baik dari pemerintah daerah maupun instansi terkait lainnya, dalam memastikan Pilkada 2024 berjalan lancar, aman, dan damai. Kita semua memiliki tanggung jawab yang besar untuk mendukung penyelenggaraan Pilkada ini, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi setelah Pilkada selesai,” kata Syofyan Saraha.


Syofyan menambahkan, dalam penyelenggaraan Pilkada sinergi dan kolaborasi antar-instansi merupakan kunci utama untuk menciptakan proses yang efektif dan efisien dari berbagai elemen satuan kerja yang harus bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik agar setiap tahapan Pilkada dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.


“Oleh karena itu, dalam rapat koordinasi ini, kita harus mampu menyatukan persepsi, memperkuat komunikasi, dan memetakan langkah-langkah strategis yang akan kita ambil ke depan sehingga saya sangat berharap seluruh instansi, baik dari TNI/POLRI, Kejaksaan, Bawaslu, KPU, serta OPD, Camat, Lurah dan Kepala Desa di Kota Tidore Kepulauan, dapat bersinergi untuk mendukung suksesnya Pilkada, Saya yakin, jika kita semua bersatu dan bekerja sama, Pilkada 2024 akan berjalan dengan aman, damai, dan demokratis, sesuai harapan seluruh masyarakat Kota Tidore Kepulauan,” harapnya.


“Dalam upaya untuk mendukung suksesnya pemilihan walikota dan wakil walikota serta gubernur dan wakil gubernur tahun 2024 di Kota Tidore Kepulauan maka Pentingnya Sinergi dan Kolaborasi Antar-Instansi,  Komitmen Netralitas dan Profesionalisme, Peran Penting Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Kesiapan Infrastruktur dan Logistik Pilkada, dan Keamanan dan Ketertiban Pilkada," sambung Syofyan.


Ia juga menyampaikan besar harapan untuk masa depan Kota Tidore Kepulauan melalui Pilkada 2024 ini untuk Pemimpin yang terpilih nanti adalah cerminan dari pilihan rakyat, dan mereka akan memegang amanah untuk membawa perubahan yang lebih baik bagi daerah ini.


“Oleh karena itu, mari kita pastikan bahwa Pilkada berjalan dengan baik, adil, dan demokratis, agar pemimpin yang terpilih benar-benar dapat membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat, saya yakin, dengan komitmen dan kerja sama yang kuat dari kita semua, Pilkada 2024 di Kota Tidore Kepulauan akan berjalan sukses dan menjadi contoh yang baik bagi daerah lain,” ajak Syofyan


Sementara, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tidore Kepulauan, Muslihin mengatakan tujuan dari Rakor ini untuk meningkatkan koordinasi antar OPD dan Camat se-Kota Tidore Kepulauan dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan Pilkada, menyusun rencana kerja dan strategi untuk memperlancar proses pelaksanaan Pilkada di seluruh kecamatan serta memastikan kesiapan sumber daya manusia dan infrastruktur untuk mendukung tahapan Pilkada.


“Melalui rapat koordinasi ini, diharapkan akan terjalin sinergi yang kuat antara semua elemen yang terlibat dengan koordinasi yang baik dan persiapan yang matang, penyelenggaraan Pilkada Kota Tidore Kepulauan tahun 2024 diharapkan dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang dipercaya dan didukung oleh masyarakat," harap Muslihin.


Adapun peserta dalam Rakor ini terdiri dari pimpinan OPD di lingkungan Kota Tidore Kepulauan serta para camat yang ada di delapan kecamatan di Kota Tidore Kepulauan.


Rakor Dukungan Elemen Satuan Kerja (Desk) Pilkada Tahun 2024 Di Kota Tidore Kepulauan menghadirkan Narasumber, Asisten Sekda Bidang Tata Pemerintahan dan Kesra DR Syofyan Saraha M.Si dengan judul materi ‘Peran Pemerintah Daerah Dalam Pelaksanaan Dukungan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024’. Selain itu turut hadir sebagai narasumber yaitu Kepala Bagian Operasional Polresta Tidore Kompol Jufri Dukomalamo SH dengan judul materi ‘Pengamanan dan Potensi Konflik Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 di Kota Tidore Kepulauan’.


Kemudian Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan, Amru Arfa dengan materi ‘Sistem Pengawasan dan Potensi Pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 di Kota Tidore Kepulauan’, serta Ketua Devisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Tidore Kepulauan dengan materi ‘Penyelenggaraan Tahapan dan Tantangan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024 di Kota Tidore Kepulauan’. *

  • Libatkan Penyelenggara Pemilu dan Polres, Pemkot Tidore Kepulauan Gelar Rakor Desk Pilkada 2024
  • 0

Terkini