Notification

×
Copyright © Best Viral Premium Blogger Templates


Iklan Beranda

Meriahkan Bulan PRB 2024, BPBD Kota Tidore Gelar Lomba Senam Kreasi dan Debat Makalah

Tuesday 15 October 2024 | 22:00 WIB Last Updated 2024-10-15T17:36:10Z

Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo membuka dengan resmi kegiatan PRB di Halaman Kantor BPBD Kota Tidore Kepulauan, Selasa (15/10/2024).

Sinarmalut.com,
Tidore - Dalam rangka memeriahkan Bulan Peringatan Risiko Bencana (PRB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tidore Kepulauan menggelar Lomba Senam Kreasi dan Lomba Debat Makalah Tingkat SMA/MA yang akan berlangsung selama tiga hari.


Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo di Halaman Kantor BPBD Kota Tidore Kepulauan, Selasa (15/10/2024).


Ismail Dukomalamo dalam sambutannya menyampaikan, momentum Bulan Pengurangan Risiko Bencana merupakan sebuah semangat bagi Pemerintah dan Masyarakat Kota Tidore Kepulauan. Apalagi saat ini Kota Tidore Kepulauan berkomitmen untuk meningkatkan kesiapsiagaan demi mengurangi berbagai risiko bencana dengan perencanaan yang strategis sebagai daerah yang rentan terhadap bencana.


“Hari ini sebagai bentuk kepedulian kita bersama sekaligus untuk menjalin Kerjasama dan koordinasi yang baik, sebagai poin penting dalam memitigasi bencana melalui kegiatan senam kreasi antar instansi. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan kami mengapresiasi kegiatan ini,” tuturnya.


Ismail menambahkan, kegiatan ini selain membawa keceriaan, sekaligus menjadi wadah untuk mensosialisasikan pentingnya berolahraga melalui senam kreasi dan diharapkan mampu menguatkan jalinan kerjasama berkelanjutan, serta meningkatkan upaya bersama untuk pengurangan risiko bencana menuju resiliensi berkelanjutan.


“Kami mengharapkan kepada seluruh peserta, kita sukseskan kegiatan ini dengan penuh rasa bahagia, menang ataupun kalah tak menjadi masalah, karena kita hadir disini untuk menyemarakan bulan Pengurangan Risiko Bencana. Bersama kita bisa, tangguh menghadapi resiko bencana, kita juga berharap agar daerah yang kita banggakan ini selalu dalam keadaan yang damai dan sentosa,” harapnya.


Kepala Pelaksana BPBD Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Abubakar dalam laporannya menyampaikan, Peringatan Bulan PRB merupakan kegiatan rutin agenda nasional yang dilaksanakan oleh BNPB bekerja sama dengan BPBD Provinsi, Kabupaten/Kota setiap tahun, sejak 2013, yang dilaksanakan selama bulan Oktober sejak Tanggal  1-31 Oktober di seluruh Indonesia.


“Kegiatan ini dilaksanakan oleh seluruh pegiat kebencanaan yang merupakan bentuk apresiasi terhadap pelaku kebencanaan yang telah melaksanakan PRB. Melalui momentum ini, Pemerintah Kota Tidore melalui BPBD menginisiasi kegiatan Peringatan bulan PRB di tingkat Kota dengan edukasi pada Pemerintah, Masyarakat dan Dunia Usaha maupun Pendidikan,” paparnya.


Kalaksa BPBD juga menambahkan, Alhamdulillah kegiatan ini sudah berjalan sejak 2023 kemarin, dan di Provinsi Maluku Utara, BPBD Kota Tidore Kepulauan merupakan satu-satunya Kota yang rutin menggelar kegiatan Peringatan PRB ini, kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari yang diisi dengan perlombaan senam kreasi dan lomba debat makalah tingkat SMA/MA sederajat.


“Kegiatan ini juga akan dilanjutkan dengan jalan sehat dan ditutup dengan final lomba senam dan debat, namun sebelumnya telah digelar sosialisasi dengan sasaran pesertanya yaitu SMA/MA sederajat, sementara untuk senam kreasi dan lomba debat sendiri akan dilangsungkan di halaman Kantor BPBD Kota Tidore Kepulauan,” imbuhnya.


Turut hadir dalam pembukaan kegiatan ini, Rektor Universitas Nuku yang juga selaku Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Idris Sudin, Pimpinan OPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, serta DWP BPBD Kota Tidore Kepulauan. *


 



  • Meriahkan Bulan PRB 2024, BPBD Kota Tidore Gelar Lomba Senam Kreasi dan Debat Makalah
  • 0

Terkini